Tiga Komoditi Pangan Belum Mampu Penuhi Kebutuhan

Tiga Komoditi Pangan Belum Mampu Penuhi Kebutuhan

Diposkan: 16 Apr 2018 Dibaca: 411 kali


UKMKOTA MEDAN.COM-MEDAN

Sebanyak tiga komoditi pangan hingga saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumatera Utara. Kondisi ini sangat berbeda dengan produksi padi, jagung yang terus mengalami peningkatan. Ketiga komoditi tersebut masing-masing, kedelai, bawang merah dan bawang putih.

“Produksi kedelai kita baru mampu memenuhi kebutuhan masyarakat 42% sampai 45%. Sedangkan bawang merah 30%  sampai 32% dan untuk bawang putih kita hanya mampu memenuhi 3% sampai 5%,”ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Azhar Harahap disela-sela  acara Musayarah Provinsi Himpunan  Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut di Garuda Plaza Hotel, Sabtu (14/4/2018).

Melihat kondisi tersebut, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah untuk mempercepat peningkatan produksi.  Antara lain dengan melaksanakan uji adaptasi bawang merah di dataran rendah, serta pengembangan areal tanaman baru kedelai dengan pola tumpang sari

Disisi lain, harga komoditi seperti bawang merah dan bawang putih dipasarkan dikisaran Rp 32.000 hingga Rp40.000 per kg.  Melambungnya harga tersebut disebabkan pasokan yang terbatas. Mengingat keduanya disuplay dari luar Sumatera Utara. Bahkan sejumlah pedagang memprediksi, harga bawang terutama bawang merah kemungkinan  akan normal tiga bulan kedepan(UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved