UPT BIH Gedung Johor Realisasikan 6.500 Benih Pisang Barangan

 UPT BIH Gedung Johor Realisasikan 6.500 Benih Pisang Barangan

Diposkan: 19 Sep 2019 Dibaca: 284 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Sampai September 2019 baru 6.500 benih pisang barangan terealisasi di UPT Benih Induk Hortikultura (BIH) Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara (Dinas TPH Sumut).


Dikatakan Kepala Kasubag Tata Usaha UPT BIH, Dinas TPH Sumut, Sri Wahyuni Putri bahwa target untuk di tahun 2019 untuk produksi bibit benih pisang sebanyak 20.000 bibit dari dana APBD 2019 dan APBN.


“Nah untuk benih pisang ini difokuskan untuk pisang barangan. Begitupun ada juga beberapa jenis pisang kepok juga. Dan saat ini yang terealisasi baru 6.500 batang,” katanya pada wartawan Rabu (18/9/2019).


Untuk tupoksi di UPT BIH tersebut, Sri mengatakan bertugas memperbanyak tanaman dalam hal ini memperbanyak benih tanaman buah-buahan. “Kita juga mengembangkan bawang merah. Jadi benih-benih yang kita sediakan yakni Rambutan, durian, mangga, jambu, kelengkeng, sawo, manggis, kweni dan masih banyak lagi,” terangnya.

Semuanya di ditanam di area 4,25 hektar di UPT BIH Gedung Johor.


Untuk penyaluran bibit ini, lanjutnya biasanya disalurkan ke dinas yang ada di daerah-daerah dan juga ada yang membeli dari pendatang. “Kita menjual dengan harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp 15.000 per batangnya,” katanya lagi.

Sementara itu, ia meyakinkan bahwa benih atau bibit yang ada di UPT BIH Gedung Johor ini berbeda dengan yang ada ditempat lain. Sebab ditegaskan benih yang ada memiliki sertifikat yang dijamin mutu, kualitas dan daya saingnya. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved