Tonjolkan Desain Unik untuk Gaet Konsumen

Tonjolkan Desain Unik untuk Gaet Konsumen
Hasil karya di Kaiu yang dijual

Diposkan: 13 Apr 2018 Dibaca: 989 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Hasil produk yang dihasilkan Kaiupun mulai dikenal. Beberapa produk mereka bisa dilihat langsung lewat situs kaiu.co.id saat ini pemasaran produk memang sepenuhnya dilakukan lewat online. Yoga Aizeindra yang bertugas memasarkan produk-produk mereka. Selain lewat situs, mereka juga gencar promosi lewat akun media sosial  facebook dan instagram.

Memasarkan lewat online memang sedikit menggunakan biaya tapi untuk produk furniture konsumen memang lebih senang melihat produk langsung jadi. Tapi ini menjadi satu tantang bagi mereka. "Jika banyak produk yang berkembang saat ini adalah dari yang memiliki etalase kemudian beralih ke pasar online, kalau kita memang memulai murni dari online. Tapi tidak menutup kemungkinan kita akan punya galery sendiri nanti. Karena melihat pasar Medan masih senang dengan produk yang dipajang di etalase. Karen membangun kepercayaan pada konsumen itu juga baru kita bangun," jelas Yoga.

Desain yang unik dan bermanfaat jadi satu karakteristik produk Kaiuyang ingin ditonjolkan. Selain desain yang tidak dapat ditemui dipasaran, contohnya seperti lampu belajar berkaki empat. Bentuknya mirip dengan binatang kaki empat yang memiliki moncong mengeluarkan cahaya. Mirip robot lampu ini bisa diletakkan di belajar, atau juga sebagai lampu tidur. Desain unik lain adalah dasi kupu-kupu.

Dengan bahan kayu yang ringan dasi ini bisa dikenakan kaum pria menghadiri pesta resmi atau acara lainnya. "Awalnya unik, kita menerima permintaan unik dari konsumen. Bisa buat ini atau itu. Dan ada konsumen minta dibuakan dasi, kita coba desain dan jadi," jelas Davi.

Setidaknya setiap minggu Kaiu bisa menjual 2-3 produk pada konsumen. Harganya juga beragam. Produk yang sangat diminati misalnya gantungan serbaguna yang diaplikasikan ke dinding. Gantungan ini bisa menggantung baju, tas, atau asesoris lainnya. Desain yang simpel tapi unik tidak hanya membuat gantungan ini berfungsi sebagai bentuknya. Tapi juga berfungsi sebagai penunjang dekorasi ruang. Warna yang unik juga coba dipertahankan dari bahan kayu bekas.

"Palet-palet kayu yang kita jumpai umumnya berupa kayu jati Belanda. Kargo-kargo yang mendapat kiriman barang dari luar negeri biasanya menggunakan kualitas kayu jati Belanda yang bagus. Tekstur kayunya juga bagus dan tahan," jelas Umri.

Tekstur dan serat kayu juga dimanfaatkan sebagai pendukung tampilan produk yang menarik. Umri juga menjelaskan pengerjaan untuk satu produk bisa memakan waktu 2-3 hari. Tergantung kerumitan produk, jika bentuk miniatur yang detail bisa memakan waktu seminggu lebih.

Pengerjaan dengan bahan baku kayu palet diakui Umri lebih sulit, karena untuk menghasilkan produk dengan bidang yang diinginkan prosesnya lebih panjang. Karena palet kayu biasanya hanya memiliki bidang dan panjang terbatas.

Tapi dari proses penyatuan yang rapi justru menambah keunikan produknya. Kaiujuga menawarkan aneka produknya dengan harga terjangkau, mulai dari Rp12.500 untuk tatakan gelas, hingga Rp1,5 juta untuk lemari loker. (wina/UKM03)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved