Tips Berwirausaha Agar Tetap Bertahan Ala Mimi Noerlen

Tips Berwirausaha Agar Tetap Bertahan Ala Mimi Noerlen

Diposkan: 21 Nov 2019 Dibaca: 190 kali


Tips Berwirausaha Agar Bertahan Ala Mimi Noerlen

UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Penat dengan rutinitas yang waktunya diatur ketat dan seolah menjadi robot yang seluruh waktunya dikuasai oleh pemilik perusahaan membuat sebagain orang banting stir menjalani bisnis mandiri atau berwirausaha.

Namun, kadang kala banyak juga hanya semangat di awal dan akhirnya bubar di tengah jalan. Jadi jika Anda adalah orang yang baru  merintis usaha, tips bertahan berwirausaha ala Mimi Noerlen ini layak diaplikasikan.

Mimi yang merupakan sudah cukup lama di dunia wirausaha dengan brand sirup markisa Noerlen Medan ini mengatakan beberapa tips yang membuat ia bertahan yakni  tidak gampang menyerah, selain kerja keras, yakin, fokus  dan konsisten.

Lebih lanjut, jika menemukan masalah harus segera mencari solusi bukan langsung mengganti usaha. "Jika ada masalah dicari solusinya bukan langsung mengganti usaha," ujarnya tegas.

Wanita yangmerintis usahanya pada tahun 2007 lalu itu juga mengatakan seperti dirinya jika menemui kendala dalam hal bahan baku, tidak lantas mengubah usaha namun berinovasi dengan membuat usaha turunan.

"Misalnya seperti saya yang sering menemukan kendala bahan baku buah yang sudah semakin sedikit, jadi saya  merubah konsep usaha yang tidak fokus menjual sirup saja yang tentunya kalau sirup membutuhkannya bahan baku markisa banyak, nah saya membuat produk turunannya supaya bahan baku yang sedikit itu bisa dipakai untuk membuat banyak hasil dari beberapa varian produk," ungkapnya.

Kemudian, mengubah konsep namun masih bisnis yang sama juga tips yang bagus dilakukan. "Lalu konsep usaha juga berubah dari hanya jual sirup markisa tok menjadi wisata untuk turis yang  kita bisa  jual produk lain tidak  hanya markisa yang sudah mulai langka bahan baku," ungkapnya.

Artinya ketika mendapat kendala dalam hal apapun solusi yang di cari, dan si pemilik usaha juga harus membaca pasar, sehingga usaha terus mengikuti perkembangan.


"Sekarang misalnya Noerlen lagi sepi tamu turis pariwisata sepi karena beberapa hal salah satunya harga tiket mahal,  lalu untuk menjaga cash flow saya  fokus ke field trip anak sekolah jadi memang harus jeli melihat peluang dan mensiasati keadaan," beber wanita yang merupakan generasi kedua yang sebelumnya usaha ini dirintis oleh almarhumah ibunya.


Tips lainnya adalah jangan gampang  putus asa, sebab usaha tidak segampang membalikan telapak tangan jadi harus sabar dan yakin, fokus dan konsisten.

"Sebaiknya membuat usaha yang betul betul diminati jadi mencintai pekerjaan sepenuh hati lebih baik daripada sekadar membuat usaha mengikuti tren," tandas pemilik gerai sirup Markisa Noerlen yang terletak di Jalan Sei Tuan Medan itu. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved