Tiga Tahun Jadi Karyawan, Iskandar Muda Berhasil Bangun Depot Jamu Sendiri

Tiga Tahun Jadi Karyawan, Iskandar Muda Berhasil Bangun Depot Jamu Sendiri

Diposkan: 14 Sep 2019 Dibaca: 212 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Bercita-cita ingin menjadi pengusaha, pria muda ini wujudkan melalui membuka usaha Depot Jamu. Iskandar Muda Harahap (24) warga Jalan Tembung Pasar 9 Bandar Klippa, Deliserdang merupakan pria muda baru lulus kuliah yang tidak mau menyia-nyiakan waktu menunggu pekerjaan datang.

Ia dengan sigap memanfaatkan waktu kosongnya dengan membuka usaha berbekal ilmu yang ia peroleh dari tempat ia bekerja sebelumnya.

"Saya buka usaha depot jamu ini tahun ini, saya dulunya bekerja dengan orang di Tanjung Mulia sebagai karyawan, dan itu saya lakukan sambil saya kuliah juga di Potensi Utama," jelasnya kepada ukmkotamedan.com.

Iskandar menyatakan sebelumnya ia bekerja selama 3 tahun di bidang usaha jamu. Sehingga ia tidak canggung lagi dalam meramu berbagai jenis jamu. Bahkan diakuinya untuk jamu seduh, ia membuatnya sendiri.

"Untuk jamu seduh saya buat sendiri, saya gunakan kunyit, kencur dan berbagai rempah tradisional," paparnya.

Di depot jamunya yang bernama Depot Jamu Barokah tersebut, ada beberapa jenis jamu yang ia jual. Mulai Jamu Seduh, Puding Telur Madu, Jamu Instan Produksi Jawa, dan ada pula Jus Pinang Muda.

Ia menceritakan membuka usaha jamu ini dikarenakan ia ingin maju atau tidak ingin menjadi karyawan terus menerus.

Saya  ingin maju. Awalnya saya kerja sama orang sambil kuliah. Setelah lulus kuliah sambil cari kerja saya buka usaha ini. Memang cita-cita saya menjadi pengusaha. Meski usaha kecil-kecilan tapi tetap namanya saya sebagai pengusaha," tegasnya.

Menariknya minum jamu di depot jamu miliknya ini, selain tempatnya yang nyaman dan bersih, hampir semua jamu dapat ditemukan disini. Bahkan khasiatnya juga untuk berbagai penyakit. Mulai Jamu pegalinu hingga jamu untuk pria dan wanita.

Jus pinang muda misalnya, jus ini memiliki kaya manfaat bagi pria dan wanita. Meski namanya jus tetapi sebenarnya ini adalah minuman jamu karena terbuat dari campuran pinang muda, telur, juga berbagai jenis rempah-rempah tradisional.

"Ini khasiatnya banyak, baik untuk pria maupun wanita," katanya.

Khasiat jus pinang muda ini bila bagi pria yakni meningkatkan stamina dan vitalitas, mengatasi impoten, gangguan jantung, menormalkan tekanan darah juga melancarkan pencernaan dan buang air. Sedangkan khasiatnya jika dikonsumsi oleh kaum hawa yakni mengatasi keputihan, menciutkan selaput lendir, melancarkan haid, mengencangkan otot perut dan payudara, dan mengecilkan rahim setelah melahirkan.

"Saat ini saya masih promosi secara offline dan dari mulut ke mulut. Untuk promosi di online saya dibantu abang saya dan teman teman juga," ungkapnya.

Dan konsumennya masih berdatangan dari warga Tembung saja namun meski baru buka , usaha jamunya disambut baik oleh masyarakat. Setiap hari ada saja konsumen yang datang membeli. "Masih sebatas warga tembung, animo masyarakat Alhamdulillah bagus. Tetapi disini saingan cukup banyak. Namun bagi konsumen yang pernah mencoba saya perhatikan datang lagi kesini," ujarnya.

untuk harga segelas Jus pinang Rp  13 ribu namun yang  Special Rp 20 ribu (ada tambahan sejumlah ramuan), jamu instan hanya Rp20 ribu, dan jamu seduh hanya Rp8 ribu -  Rp12 ribu.

Pegalinu Rp8 ribu/gelas, asam urat Rp8 ribu/gelas, sakit pinggang, tensi, sariawan hanya Rp8 ribu, sedangkan tolak angin Rp9 ribu/gelas. Dan banyak jenis jamu lainnya.

"Saya berharap usaha ini lancar, ramai pembeli dan juga membawa manfaat bagi pengonsumsinya," tandasnya. (UKM06)


Tags

2 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved