Teri Mak Ek, Kudapan Gurih Bikin Warga Medan Ketagihan

Teri Mak Ek, Kudapan Gurih Bikin Warga Medan Ketagihan
Diah Asrini

Diposkan: 24 Nov 2018 Dibaca: 140 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Gurih, manis, asin, pedas bersatu dalam setoples Teri Mak Ek disajikan warga Srigunting, Medan Sunggal. Adalah Diah Asrini (30) yang sukses menciptakan produk tersebut pada 26 September 2018.

Sejauh ini dia berhasil mencuri selera masyarakat Medan. Bahkan teri Mak Ek juga menjadi pilihan untuk dibawa jika berpelesiran keluar Kota Medan. Rasanya yang gurih dan kemasan praktis membuat Teri Mak Ek gampang dibawa kemanapun.

Berawal dari  rasa sukanya terhadap sambel teri, Diah yang mengaku sebelumnya telah mengikuti sejumlah seminar berkaitan dengan usaha rumahan dan juga membaca buku tentang bisnis kuliner, terinspirasi mengajak ibu kandungnya untuk memulai bisnis sambel ikan teri.

Apalagi menurutnya, ikan teri merupakan oleh oleh khas Medan yang kerap menjadi pilihan wisatawan lokal maupun internasional. Hal ini jugalah membuatnya terinspirasi untuk mengolah ikan teri menjadi efesien dan lebih bermanfaat saat dibawa kemanapun.

"Makanya pas baca buku kok enak kali sambal teri ini jadi awak bilang sama mamak ayoklah kita jual teri kayak gini Mak Ek, nah jadilah sambel 'Teri Mak Ek'," katanya kepada UKMKOTAMEDAN.COM.

Lalu, Diah menceritakan keteman-temannya  akan memulai bisnis sambel teri kacang khas buatan mamaknya, ternyata mendapat dukungan positif yang membuatnya semangat.  Teman-teman yang mencoba ketagihan dan memesannya.

Di hari pertama, Diah mengaku memproduksi 40 toples Ikan Teri Mak Ek dengan berat bersih 150 Gram. Lalu Diah membagikan secara  gratis ke teman dan kerabat dekatnya, Diah hanya berharap teman dan kerabatnya mendoakan bisnis yang baru saja dirintisnya.


"Jadi hari pertama saya bagikan ke teman teman bayarnya pake doa. Lalu aku berdoa agar usaha aku inin diperlancar dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat seperti  membuka lapangan pekerjaan," jelasnya.


Kini, ibu dari dua anak ini sudah memiliki 5 karyawan, ada yang untuk bagian memasak dan ada untuk di bidang packing atau pengemasan. Dan omsetnya terus melejit, kini dalam sebulan Diah yang bersuamikan Ali Akbar Ghani ini sudah mencapai Rp20 juta lebih dengan setiap harinya harus memproduksi 100 toples guna memenuhi permintaan konsumen.


Untuk terus  memanggil selera konsumennya dihadirkan 4 varian rasa, yaitu level nak ek (gak pedas), level mak ek (pedes sedang), level pak ek (pedas), Level mbah buyut (superpedas).


"Awalnya tiga varian yaitu gak pedas, pedas sedang,pedas dan terakhir saya hadirkan super pedas, pedasnya aku buat dari cabai caplak, pokoknya pedasnya nampol," tegasnya.

Untuk memasarkan ke pasar lebih luas lagi, Diah membuka reseller dan juga mempromosikannya di sosial media. Harga per toples dengan berat bersih 150 Gram hanya Rp37.500.

Teri Mak Ek pantas di coba, bisa ditaburi di nasi panas, lontong Medan, dicemilin juga oke. Telepon aja ke 081397884844. Dan bisa kepoin instagramnya di sambelterimak_ek. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved