Taman Simalem Fokus dengan Wisata Agro

Taman Simalem Fokus dengan Wisata Agro
Taman Argo Simalem Resort

Diposkan: 29 Sep 2019 Dibaca: 240 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Taman Simalem yang terletak di Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara Fokus dengan wisata agro. Dimana dari 206 Hektar lahan Simalem Resort, 60 persen lahannya digunakan untuk lahan tanaman organik.

"Ada banyak jenis tanaman organik disini, seperti tomat, timun Jepang, bawang merah, bawang putih, jagung, kol," jelas Citra Febriani Sianipar, Front Office Manager Simalem Resort kepada ukmkotamedan.com saat berkunjung ke Simalem Resort pada Sabtu, (28/9/2019).

Bukan hanya itu, saat ini Simalem Resort juga tengah membudidayakan Buah Biwa, buah langka yang dikenal dengan sebutan Anggur Karo. Si buah berwarna kuning yang ada di lahan Simalem ini merupakan tanaman terbesar di Asia Tenggara.

"Tanaman Biwa kita merupakan terbesar di Asia Tenggara, saat ini tercatat tumbuh 1300 batang bahkan saat ini tengah musim," tegas Citra.

Selain itu kopi, teh organik juga menjadi primadona. "Sekarang juga ada specialty coffee yang mana sudah diikut sertakan dalam kompetisi kopi pada salah satu event kopi di Medan. Sempat juga dibawa ke Jepang,  dan masuk diurutan kedua dalam hal taste (rasanya). Jenis kopi Simalem yang juga ditanam dengan sistem organik kita ini  adalah kopi robusta," katanya lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, Kalau total resort keseluruhannya seluas  206 hektar, untuk penginapan hanya 30 persen, sehingga salah satu tempat wisata di tanah Karo ini memang masih lebih besar hutannya daripada lahan yang digunakan komersil penginapan.

"Kami sangat konsisten dengan tanaman organik ini karena misi utama Taman Simalem ini adalah ingin menjadikannya sebagai objek wisata agro khususnya dalam dunia perhotelan," paparnya.

Dia  mengaku bahwa ada taman agro khusus yang bisa dikunjungi oleh pengunjung, bisa petik sendiri, bisa makan ditempat, bahkan bisa juga membeli produk organik itu yang sudah ada di-display di kawasan taman agro.

Konsistensinya juga diwujudkan dengan menyuguhkan menu-menu makanan yang diproduksi dari bahan baku yang diambil dari tanaman organik yang ditanam sendiri itu. Itu pulalah membuat pengunjung merasa senang karena menu makanannya sehat juga fresh.

Nah, karena hasil tanaman organiknya cukup besar dan berlimpah, pihaknya kini sudah bekerjasama dengan sejumlah supermarket di Medan dalam hal memasarkan produk-produk organik Simalem. Ini juga agar masyarakat juga memulai gaya hidup mengkonsumsi produk organik.

"Kalau dari sisi kesehatan, tanaman yang dibudidayakan dengan cara organik pasti lebih sehat, karena tanaman organik terhindar dari kimia. Pupuknya itu dari kotoran sapi, kuda dan tanaman busuk," ujarnya.

Pupuk yang digunakan mereka juga diproduksi sendiri, karena ada satu area yang digunakan untuk Animal Farm di Waterfall Lodge atau yang biasa dikenal dengan area pangambatan.

Di penghujung juga dibeberkannya, pihaknya juga membuat produk-produk turunan seperti keripik nenas, keripik biwa, minyak sereh.(UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved