Stok Daging Sapi Aman Hingga Lebaran

Stok Daging Sapi Aman Hingga Lebaran
Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Badan Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara (Sumut), Ahmad Syafri Nasution

Diposkan: 27 Apr 2018 Dibaca: 508 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Badan Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara (Sumut), Ahmad Syafri Nasution menjamin ketersedian daging sapi aman untuk Ramadhan. Bahkan, dia menegaskan stok juga tersedia sampai Lebaran tahun 2018 ini. Menurutnya stok sapi potong sampai April berjumlah 11.648 ekor atau setara dengan 2.167,23 ton daging sapi.

"Untuk kebutuhan daging sapi diperkiraan hingga April sebanyak 8,985,16 ton. Sehingga stok sapi sampai April 2018 adalah 1,383,77 ton. Jumlah inilah kesiapan stok daging sapi kita, sehingga kita masih pada kategori aman," ungkapnya.

Untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran tahun ini pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada tiap feedloter di Sumut agar proses penggemukan sapi tetap dalam persiapan yang baik dan sehat.

"Di Sumut ada enam feedloter yang ditangani BKP dan Peternakan Sumut, yakni ada di daerah Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deliserdang. Sehingga untuk sambut hari besar keagamaan ini masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok daging sapi," lanjutnya.

"Kalaupun ada upaya impor yang dilakukan Bulog terhadap daging beku, bukanlah jadi masalah sebab tinggal kecenderungan masyarakat memilih daging beku (impor) atau lokal. Kalau kemampuan masyarakat hanya dapat membeli Rp 80.000an, dipersilahkan saja," tuturnya.

Tidak bisa dipungkiri, harga daging sapi lokal memang masih bertahan mahal, yaitu Rp110.000 hingga Rp120.000 per kg dengan alasan daging sapi lokal lebih segar. (wina/UKM03)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved