Siti Namira Olah Terasi dari Bahan Baku Berkualitas dan Tanpa Pengawet

Siti Namira Olah Terasi dari Bahan Baku Berkualitas dan Tanpa Pengawet

Diposkan: 11 Sep 2019 Dibaca: 65 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Terasi atau  belacan merupakan salah satu penyedap masakan yang sangat terkenal dan bahkan merupakan ciri khas masakan di tanah air ini. Sehingga hampir seluruh pelosok di Indonesia tidak ada yang tidak mengenal terasi.

Berbekal peluang usaha ini, Siti Namira Sabrina (35) warga Kompleks Alum Permai Blok G no.6 Kelurahan Payarobah Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai Provinsu Sumatera Utara (Sumut) memberanikan diri merintins pembuatan terasi.

Saat itu pada 2014, ia tidak memiliki keahlian membuat terasi. Namun ia memiliki kemauan yang tinggi sehingga ia belajar dari berbagai sumber. Pada akhirnya ia berhasil membuat terasi yang memiliki rasa yang enak.

"Awalnya saya hendak membuka peluang pekerjaan di kawasan usaha saya, saya belajar otodidak. Saya tidak memiliki keahlian sesungguhnya, tapi nekat belajar terus dan yakin bahwa saya akan bisa membuat terasi yang enak," ungkapnya.

Wanita kelahiran Kota Aek kanopan  pada 29 Agustus 1984 ini menyatakan saat ia berhasil membuat terasi, iapun pelan-pelan memasarkan produknya. Namun dikatakanya, terasi ini lebih awal ia konsumsi sendiri.

"Sebelum saya pasarkan, terasi ini saya konsumsi dulu dengan keluarga, ternyata keluarga suka dan mengatakan terasi buatan saya ini sudah bisa dipasarkan ke publik," akunya.

Kemudian, istri dari Rudi inipun dengan semangat memasarkan ke teman-teman pengajian, arisan dan juga kerabat dekatnya. Dan ia juga menjadikan terasi ini sebagai oleh-oleh buat teman-temannya yang bepergian.

Kegigihannya mempromosikan produknya yang diproduksi di jalan Sudirman Lingkungan IV Kolam Luar Kelurahan Pekan Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat ini berbuah manis. Terasi buatanya mulai mendapat tempat di masyarakat.

"Namira Terasi ini akhirnya diterima masyarakat, dan terkenal. Kini pemasarannya juga bukan hanya secara offline tetapi juga melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram," jelasnya lagi.

Aromanya yang menggugah selera ini dikatakan dibuat dari bahan baku yang berkualitas bahkan garam yang digunakan juga tanpa pewarna juga pengawet. Selain ia menjamin mutu dan kualitas terasi ini, ia juga memastikan bahwa rasanya banyak yang suka. Cocok untuk segala jenis masakan terutama disandingkan dengan sambal cabai merah.

"Keistimewaan Terasi Namira terbuat dari udang kecepai segar dan garam yg diproses tanpa bahan tambahan seperti tanpa pewarna dan tanpa bahan pengawet," tegasnya.

Siti Namira Sabrina menyatakan saat ini ia tidak produksi setiap hari melainkan berdasarkan permintaan atau saat ada orderan. Dan untuk harga ia membandrol hanya Rp65 ribu/kgnya.

Ia berharap Terasi Namira bisa terkenal baik di lokal maupun mancanegara."Harapan saya terasa Namira dikenal sama masyarakat luas diluar kabupaten dan provinsi bahkan manca negara untuk go expo dan Impian saya ingin usaha Namira ini menjadi besar dari usaha rumah tangga sampe menjadi perusahaan berupa PT dan meluas jaringan pemasarannya," tandasnya. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved