Sinom Jowo Minuman Sehat Khas Jawa Kreasi Ika Masita

Sinom Jowo Minuman Sehat Khas Jawa Kreasi Ika Masita

Diposkan: 20 Aug 2019 Dibaca: 61 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Jika Anda penyuka minuman sehat, harus mencoba minuman ini. Minuman Sehat Khas Jawa bernama Sinom Jawa.

Sekilas memang ini merupakan jamu-jamuan yang sering kita temukan di gerobakan pinggir jalan ternyata minuman sehat ini berbeda karena terbuat dari rempah-rempah khas Jawa.

Di tangan Happy Ika Masita wanita  28 tahun warga Jalan  Abdul Sani Muthalib Komplek Emerald Residence Blok E-6 Terjun, Medan Marelan, minuman khas Jawa ini kini ada di Kota Medan.

"Kebetulan bulan Maret saya mengalami keguguran dan dalam tahap pemulihan inilah yang  menjadi latar belakang saya memulai usaha ini. Menurut anjuran ibu saya untuk memulihkan rahim, saya disuruh untuk buat Sinom. Tetapi, bukan saya yang rajin minum tetapi suami saya karena menurutnya buatan saya ini enak dan pas seperti Sinom yang pada umumnya dijual di Jawa," jelasnya kepada ukmkotamedan.com pada Selasa (20/8/2019)

Akhirnya iapun  membuat untuk  tester ke tetangga dan kawan terdekatnya. Dan ia memang sudah berniat  untuk memulai jualan tetapi masih ragu karena ini minuman khas Jawa dan kebetulan bagi masyarakat Medan masih asing.

"Tetapi ada kawan yang menyarankan untuk dijual karena pendapatnya buatan saya layak jual. Karena saran tersebut saya lalu memberanikan diri untuk menawarkan ke tetangga terlebih dahulu dan alhamdulillah respon yang diterima positif sekali bagi saya pendatang yang baru 7 bulan tinggal di Medan," katanya.

Wanita asli datang dari Sidoarjo, Jawa Timur ini Mengatakan lagi kalau di Jawa ibunya dulu berjualan minuman sehat ini.

Namun,  kalau Sinom Jowo ini memang baru pertama kali di bulan April itu ia  jual secara online, pemasaran melalui IG @sinom.jowo dan kawan-kawan kerja suami serta tetangganya.

"Setelah yakin Sinom Jowo bisa diterima masyarakat Medan, baru lah saya beranikan diri untuk masuk ke Sentra UMK di Jalan Sei Serayu Medan," paparnya.

Lanjutnya untuk membuat minuman sehat khas Jawa ini ia  belajarnya mulai dari resep hingga proses produksi turun temurun dari keluarganya.

Selain untuk usaha, ia juga ingin mengubah  mindset masyarakat bahwa mengonsumsi minuman sehat atau jamu itu selalu pahit, dengan memperkenalkan Sinom Jowo ini ia ingin merubah mindset masyarakat bahwa tidak semua minuman sehat itu pahit.

Dikatannya, banyak khasiat minuman ini,  Untuk khasiatnya sendiri, bisa untuk meredakan nyeri haid, mengontrol nafsu makan, menghilangkan bau badan, dan dapat menjadi detox tubuh.

"Untuk bahannya sendiri sangat mudah dijumpai di pasar tradisional dan umumnya rempah-rempah khas Jawa dan  terdiri dari kunyit, asam jawa, kayu manis, kapulaga dan gula pasir," jelasnya lagi.

Untuk produksi sejauh ini ia masih made by order karena daya simpan yang terbatas dimana produk ini tanpa menggunakan bahan tambahan makanan seperti pewarna dan pengawet. Selain itu penjualannya masih melalui online dan di Sentra UMK saja.

Sejauh ini juga dikatanya masih dalam tahap proses pengenalan Sinom Jowo ke masyarakat Medan sehingga dengan diterimanya produknya di Sentra UMK sangat membantunya agar produknya dapat  dikenal masyarakat Medan pada khususnya dan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya.

Minuman ini kalau bagi orang jawa sebutnya sudah tidak asing lagi karena hampir setiap rumah bisa membuatnya. Sinom sendiri adalah nama daun pohon asam. Sewaktu saya kecil proses pembuatan minuman ini selain menggunakan buah asamnya sendiri juga daunnya sehingga namanya sinom. "Kenapa saya pilih nama Sinom Jowo, karena yg produksi memang orang Jowo," akunya.

 Menariknya minuman sehat ini menggunakan packaging botol ini agar lebih aman dibanding gelas dan standing pouch. Terkecuali jika nanti penjualannya sudah bisa punya stand ia mebgataka lebih pilih memggunakan gelas.

"Alhamdulillah sekalinya produksi bisa sampai 20-30 botol. Yang sudah pernah coba selalu repeat order. Bulan Agustus ini pun kami sedang ada promo beli 5 gratis 1," tegasnya.

Untuk harga ia hanya membandrol Rp 7.500 per botol ia berharap  ingin usaha ini dapat membuka lapangan pekerjaan. Saat ini dari segala proses masih ia dan suaminya yang mengerjakan sendiri.

"Cita-cita saya nantinya Sinom Jowo bisa punya stand seperti minuman kekinian itu dan dikenal luar Medan juga," tandasnya. (UKM06)

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved