Sebelum Mulai Bisnis, Hindari Beberapa Hal Ini Biar Sukses

Sebelum Mulai Bisnis, Hindari Beberapa Hal Ini Biar Sukses
ilustrasi (net)

Diposkan: 11 Oct 2019 Dibaca: 44 kali


UKMKOTAMEDAN.COM - Belakangan ini, banyak sekali yang memilih membuka usaha sendiri daripada bekerja ikut orang. Melihat orang lain berbisnis dan sukses besar memang menjanjikan. Tapi tentu saja, memulai bisnis hingga memberikan laba yang besar bukanlah yang mudah.

Sebelum memulai bisnis, kamu harus sangat memperhatikan modal yang tersedia serta rekan yang dipilih. Persiapan sebelum benar-benar memulai bisnis juga adalah salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dengan baik.

Karena tak jarang pebisnis pemula akhirnya mengalami kegagalan dan langsung menyerah dikarenakan kurangnya kemampuan pengelolaan bisnis dengan baik.

Nah supaya bisa terwujud, pebisnis harus mampu mengatur waktu. Sebab, 24 jam sehari dirasa tidak akan cukup untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari ditambah mengurus usaha. Maka dari itu, dalam berbisnis memerlukan strategi matang, serta keseriusan dalam prosesnya agar bisa meraih keberhasilan.

Semakin berkembang bisnis, semakin menguntungkan pula pundi-pundi rupiah, tentunya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari bagi pebisnis pemula agar usahanya berkembang.

1. Perencanaan Keuangan Tidak Terstruktur

Perencanaan keuangan merupakan hal mutlak yang harus disiapkan secara matang. Pasalnya, perencanaan yang keliru, akan memicu masalah dalam bisnis yang sedang dibangun. Diantaranya, pemasukan yang lebih kecil dibandingkan pengeluaran. Tak jarang, dana modal harus dikeluarkan untuk kebutuhan lain.

Jadi, perputaran bisnis akan berjalan ketika pemasukan, pengeluaran, dan pengelolaan operasional bisnis berada pada kondisi seimbang.

2. Hindari teman dekat sebagai rekan

Uang dapat mengubah pikiran. Itulah mengapa sebelum berbisnis, jangan pilih rekanan atau teman dekat sebagai rekan. Bangun dulu, bisnis kamu sendiri. Itu dapat menghindarkan kamu dari monopoli bisnis yang licik dari rekanan.

3. Tidak Menyediakan Dana Cadangan

Ketika berbisnis, tentu tak luput dari risiko kendala yang muncul tiba-tiba. Maka dari itu, dana simpanan sangat diperlukan. Ini dilakukan agar tak kelabakan ketika ada masalah keuangan mendesak.

Menggunakan dana cadangan akan membuat bisnis bisa bertahan dan berjalan normal tanpa takut pengeluaran membengkak.

4. Hindari pinjaman

Membayar pinjaman benar-benar dapat membuat Anda dalam masalah. Kamu baru bisa melakukan pinjaman jika bisnis Anda telah berjalan dan menjanjikan untuk diperluas.

5. Tidak Bertindak Sesuai Realita

Memiliki ambisi dalam berbisnis memang diperlukan agar tetap semangat dalam proses pengembangan. Sayangnya, bertindak hanya dengan dilandasi ambisi tanpa memikirkan realita bisnis, justru bisa memicu masalah.

Lebih buruk lagi, ambisi yang terlalu besar membuat pelaku bisnis terburu-buru tanpa memikirkan kondisi bisnis saat ini. Alhasil, bisnis berjalan kurang baik.

Sederhananya, dalam berbisnis harus tetap memperhatikan realita kondisi usaha yang sedang berjalan.[akurat.co]


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved