Sabun Cair Produksi Industri Rumah Tangga Ini Targetkan Kuasai Pasar Sumut

Sabun Cair Produksi Industri Rumah Tangga Ini Targetkan Kuasai Pasar Sumut

Diposkan: 11 Apr 2019 Dibaca: 18 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN – Pilihan masyarakat dalam menggunakan sabun cair semakin beragam. Salah satu produk industri rumah tangga dengan brand Ina Klin yang dirintis Prof Rosdanelly dengan target, bisa menguasai pasar di Sumatera Utara.

Dituturkan Prof Rosdanelly, awal memulai usaha ini sekira tahun 2008 silam. Pertama kali merintis bisnis ini masih dilakukan secara manual. Bahkan saat itu juga masih mengunakan kemasan yang sangat sederhana. Seiring perjalanan waktu, pembuatan sabun ini perlahan meningkat menjadi semi manual. Hingga akhirnya setahun empat bulan terakhir diproduksi dengan mengggunakan mesin otomatis.

“Pada  sabun secara manual ini berlangsung selama lima tahun,”ujar pemilik sabun cair Ina Klin, Prof Rosdanelly, Kamis (11/4/2019).

Kemudian sambungnya, melalui program pengembangan usaha intelektual kampus dari Kemenristekdikti, kemasan yang awalnya sederhana terus dibenahi. Bantuan tersebut, dimanfaatkan untuk menempah standing pouch.

"Karena untuk menempah standing pouch ini bukan harganya yang mahal tapi volumenya harus banyak, 75 ribu. Sebab ada minimal ordernya. Kalau untuk harga eceran sebenarnya hanya Rp 1000 per satuannya. Tapi karena jumlahnya yang banyak, kita harus punya modal yang besar juga,"ujar Prof Rosdanelly yang juga dosen di Universitas Sumatera Utara ini.

Prof Rosdanelly menyebutkan sabun cair produk industri rumah tangga ini, selain sudah dipatenkan mereknya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)  Direktorak Hak Kekayaan Intektual serta sertifikat halal.

Prof Rosdanelly menambahkan untuk tahun 2019, dia memiliki membangun pilot plan berkapasitas 200 liter yang diikuti dengan industrilisasi menggunakan mesin otomatis.

Saat ini rata-rata kapasitas produksi mencapai 600 liter dengan tiga produk, masing-masing sabun cair untuk pencuci piring, pakaian dan pembersih lantai.

Dalam memasarkan sabun cair ini, akunya sudah dipasarkan di daerah seperti Medan, Binjai, Langkat. “Kalau di Medan ada di 15 Mart 212. Ini karena memang Mart 212 itu ingin mengunggulkan produk yang dibuat UKM, sehingga punya tempat pemasaran,”ujarnya.

Kedepan sambungnya, sabun cair in ditargetkan bisa bersaing dengan produk lainnya serta mampu menguasai pasar di Sumatera Utara. (UKM01)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved