Rupiah Melemah, Dikhawatirkan Berimbas pada Daya Beli

Rupiah Melemah, Dikhawatirkan Berimbas pada Daya Beli

Diposkan: 15 May 2018 Dibaca: 479 kali


UKMKOTAMEDAN.COM- MEDAN

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika, dikhawatirkan akan berdampak kepada daya beli masyarakat,  khususnya menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Melemahnya Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) serta pengaruhnya terhadap harga bahan pokok menjelang Ramadhan”, yang digelar Jaringan Pengusaha Nasional Provinsi Sumatera Utara (Japnas Sumut), Jumat (11/5/2018).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara M. Misbah menyebutkan sejauh ini pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar, belum memberikan dampak signifikan. “Kenaikan Dolar sebesar 1,2% belum berimbas ke harga komoditas di pasar. Tim Satgas Pangan Sumatera Utara yang terdiri dari Pemprovsu, Bank Indonesia, Bulog dan Polda, rutin melakukan pengawasan dan monitoring mulai dari industri, pergudangan, hingga ke pasar. Ramadhan tahun 2017 tercatat tidak ada kenaikan harga yang signifikan,”ujarnya.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Syafri Nasution menyebutkan, Satgas Pangan yang dikomandoi Direskrimsus Polda Sumut terus melakukan pengawasan. “Sampai saat ini belum ada efek melemahnya Rupiah terhadap harga pangan. Biasanya ditingkat petani, harga bahan pokok cenderung normal. Namun dijalur distribusi sering kali terdapat penambahan harga yang signifikan”, tutur Syafri.

Namun di tahun ini pihaknya optimis akan ada lonjakan harga menjelang Ramadhan dan lebaran. Hal itu juga disebabkan stok telah disiapkan jauh hari sebelumnya. “Yang perlu dikhawatirkan justru daya beli masyarakat,”tutup Syafri.Sementara Gosen Sirait mewakili Kepala Dinas Pertanian Sumut, menyebutkan harga bapok masih normal dan ketersediaan stok juga aman.

Ketua Umum Japnas Sumut Syahrul Akbar menyebutkan pelemahan nilai tukar rupuah ini dikhawatirkan akan berdampak kepada melonjaknya harga bahan pokok khususnya menyambut bulan suci Ramadhan. (UKM03)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved