Rumah Kudapan Denasya Hadirkan Ayam Tumbuk dengan Rempah Khas Sumut

Rumah Kudapan Denasya Hadirkan Ayam Tumbuk dengan Rempah Khas Sumut

Diposkan: 22 Nov 2019 Dibaca: 261 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Setelah ayam penyet, ayam jikrak, ayam pecak dan sekarang hadir pula ayam tumbuk. Menu ini merupakan produk baru dari Rumah Kudapan Denasya yang konon katanya dibuat dengan menggunakan rempah-rempah khas Sumatera Utara (Sumut)

"Ayam Tumbuk ini merupakan menu baru dari Rumah Kudapan DeNasya yang membedakan dari makanan sejenis  adalah ayam  diungkep dengan rempah khas Sumut," jelas Dedek, Owner Rumah Kudapan Denasya.

Nah, ayam tumbuk ini juga memiliki cita rasa pedas. Ini dihadirkan pada umumnya masyarakat Sumut khsususnya Medan sangat suka dengan masakan pedas bahkan pedas sekali.

"Kita hadirkan sambelnya  sensasi khas Sumut, pedasnya yang bikin doer," ucapnya.

Menggunakan kata tumbuk karena agar dekat dengan masyarakat, kebanyakan masakan jenis ayam saat ini namanya mengadopsi dari pulau Jawa, tapi kita ingin berbeda, kita buat namanya menggunakan bahasa Medan. Apalagi memang ayam tumbuk ini, saat disajikan berserak, seperti kayak baru ditumbuk.

"Saya Tumbuk Ayamnya agar saat di makannya lebih mudah  Karena berserak  setelah di tumbuk, dan menggunakan nama di tumbuk karena kosa kata tumbuk juga    khas kali dengan bahasa Medan," paparnya.


Diceritakannya cara memasak ayam tumbuk ini yakni  ayam dimasak dengan nenas, kunyit, bawang merah Dan Putih. Pada sambalnya, cabainya di kukus,  andaliman, cikala, daun bawang batak, irisan kencung dan tomat. Kemudian semua ditumbuk berikut ayamnya.

Kuliner bercita rasa pedas ini dihadirkan wanita manis ini pada di uji coba pertama sekali   December 2018 dan diikutkan dalam Lomba makanan traditional di Tebingtinggi.

Ayam tumbuk DeNasya ini dihadrikan dengan dua varian yaitu ayam tumbuk Denasya dan Ayam tumbuk DeNasya with cheese and mayonase sauce.

Sejauh ini ia masih memasarkan ayam tumbuh ini di Hamparan Perak dengan harga Rp20 ribu (nasi+ayam tumbuk+sayur masak+air mineral). Ia berharap kuiiner pedas ini diterima semua kalangan. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved