Ramlan Meliala Harapkan Kopi Karo Bisa Menjadi Oleh-oleh Khas Sumut

Ramlan Meliala Harapkan Kopi Karo Bisa Menjadi Oleh-oleh Khas Sumut

Diposkan: 19 Mar 2019 Dibaca: 84 kali



UKMKOTAMEDAN COM, MEDAN-Ramlan Meliala  adalah seorang pengusaha kopi asal Karo. Tidak mudah baginya mengubah image kopi Karo menjadi minuman pilihan warga kampung.

Karena di kampungnya (Karo) kopi bukanlah istimewa bagi masyarakatnya. Kopi biasanya hanya ditanam untuk kebutuhan lain.

Namun dikatakan Ramlan Meliala yang memiiki produk Kopi RM berbahan baku kopi Karo ini meyakinkan masyarakat bahwa kopi Karo memiliki cita rasa dan kualitas super.

"Tiga tahun terakhir ini kopi Karo menjadi produk unggulan, dulunya kopi ini hanya tanaman pagar dan sampingan. Naiknya kopi menjadi tanaman unggulan saat Tanah Karo dilanda erupsi  Sinabung dimana tanaman dilahan lahan masyarakat  kering dan mati karena tidak tahan akan panasnya abu Sinabung. Namun, tanaman kopi bertahan apalagi saat diminum kopi Karo ini justru rasanya  sangat enak," ungkapnya.

Menjadikan  kopi satu usaha, Ramlan mengakui saat  minum  kopi kiriman temannya dari Aceh, dan  ia mengaku tidak menemukan kopi seenak itu di Karo.
"Lalu saya minta kepada masyarakat agar membuat kopi tapi masyarakat mengatakan tanaman kopi di Karo bukan untuk diminum melainkan untuk kosmetik," paparnya.

Akhirnya tahun 2012 ia menanam kopi dilahan miliknya dengan tujuan untuk konsumsi sendiri dan 2014 berbuah ternyata enak kopinya.

"Saya kasih rasa ke teman-teman dan ternyata suka dan saya tidak puas dengan proses sendiri lalu saya kirim ke Bener Meriah untuk di roasting ternyata teman saya bilang kopi saya enak dan kualitasnya diatas super," bebernya.

Akhirnya ia menjadi percaya diri untuk serius menjalankan usaha kopi dan ia pun dengan tekat yang kuat memberanikan diri untuk pinjam uang membeli mesin untuk memproses kopi.

Kemudian untuk mengetahui kualitas kopinya, ia mencoba mengikut sertakan Kopi Karo itu di festival kopi dan kopinya mendapatkan skor 84,75. Akhirnya kepercayaan dirinya pun semakin tinggi. Kopi Karo itu lalu diprosesnya menjadi bentuk kemasan, rosbeen, bubuk, dan seterusnya banyak orang datang kerumahnya untuk merasakan kopi Karo ini.

Kemudian karena ramai, ia membuka kedai kopi ternyata karena sangat ramai ia pindah ke Kantor Pos Kabanjahe. Dan saat ini ada kedai kopi yang menyuguhkan kopi Karo di Kabanjahe.

"Untuk pemasaran Kopi Karo ini saya menitipkan di sejumlah hotel dan juga dipasarkan di media online (Facebook)," katanya optimis kopi Karo ini nantinya akan menjadi pilihan.

Ia berharap kopi Karo ini bisa menjadi oleh oleh khas Karo, Sumatera Utara.

Saat ini diakuinya  untuk produksi 1 ton perbulan, untuk bahan baku ia membeberkan awalnya dari ladang sendiri namun sekarang ia sudah kerjasama dengan mitra petani. Sementata itu adpaaun Harga kopi Karo yang sudah dikemasan Rp60 ribu dengan berat 200 gram.

Ramlan Meliala juga kerap mengikutsertakan kopinya di Bazar-bazar baik lokal maupun internasional.(UKM 06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved