Produk Unggulan Tanjungbalai Ditampilkan di PRSU

 Produk Unggulan Tanjungbalai Ditampilkan di PRSU

Diposkan: 09 Apr 2018 Dibaca: 684 kali


UKMKOTAMEDA.COM-MEDAN

Beragam produk unggulan ditampilkan di Paviliun Tanjungbalai pada Pekan Raya Sumatera Utara ke 47 di Tapian Dayak Jalan Gatot Subroto. Tidak hanya handicraft dengan kerajinan kulit kerang dengan beragam karya inovatif,  juga ada produk perikanan dan kuliner.

M Afif Zuhair, guide PaviliunTanjungbalai, Senin (9/3/2018) menyebutkan sama seperti tahun-tahun sebelumnya kerajinan kulit kerang karya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih tetap menjadi andalan. Ini tidak terlepas dengan identitas daerah yang terkenal dengan kerangnya.

Dengan kreatifitas pelaku UMKM, kulit kerang ini disulap menjadi produk yang ekonomis dan menarik dengan beragam rupa seperti  bunga, kotak tissu, cermin. Bahkan bunga ini juga bervariasi, seperti bunga tulip, buka angrek.

Hanya saja, di momen kali ini, kreasi dan inovasi mengolah kulit kerang ini lebih alami. “Karena kali ini, penggunaan bahan baku kulit kerang ini, warnanya lebih natural, putih. Dan ini dipadukan dengan siput. Sehingga menjadi lebih menarik,”ujarnya seraya menambahkan ada juga batik khas Tanjungbalai dengan motif kerang.

Kemudian sambungnya, ada juga kerajinan dengan bahan baku batok kelapa. Bahkan dengan kreatifitas dan inovasi pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Tanjungbalai, kedua bahan baku tersebut pun dipadupadakan.

Selain handycraft, ada beberapa produk olahan perikanan berupa ikan asin. Seperti ikan teri nasi, teri kacang, ikan asin pakang, kerinting kerang, ikan asin pari. Serta sejumlah produk kuliner khas yakni manisan kelapa. (UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved