Produk Bersertifikat Halal, Hilangkan Keraguan Konsumen

Produk Bersertifikat Halal, Hilangkan Keraguan Konsumen

Diposkan: 12 Jun 2019 Dibaca: 57 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso mengatakan kehadiran UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) akan membuat konsumen muslim terbebas dari keraguan saat akan mengkonsumsi produk.

Sebab UU JPH ini mewajibkan sertifikasi halal pada produk, baik dari industri maupun dari UMKM. Untuk bisa mendapatkan sertifikat halal ini, produk juga harus memenuhi standar halal.

"Contohnya seperti ini, rajungan dan ikan itu kan halal. Jadi tidak perlu rajungan dan ikan disertifikasi halal. Tapi begitu rajungan dan ikan diolah menjadi masakan, ada minyak untuk menggorengnya, ada bumbu dan saos yang membuatnya menjadi enak. Maka perlu ditelusuri, apakah itu semuanya halal. Karena walaupun rajungan dan ikan itu halal, namun bila minyak, bumbu dan saosnya tidak halal, ya tidak boleh masakan itu diklaim, atau dinyatakan halal," kata Sukoso di Kantor BPJPH, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Disebutkannya, kewajiban sertifikasi halal tersebut jangan dipandang sebagai beban. Namun untuk meningkatkan daya saing produk ditengah kesadaran masyarakat yang semakin tinggi dalam mengkonsumsi produk halal.

“Bila produk itu masih dinilai masyarakat termasuk yang di 'grey area', maka tentu masyarakat akan enggan membelinya," papar pria asal Banyuwangi tersebut.

Jika sambungnya, pelaku usaha tidak menyadari pentingnya sertifikasi halal produk ini, maka Indonesia sebagai pasar potensial bagi produk asal negara lain.

"Kita tentu tidak ingin seperti kondisi saat ini, yang mana kita hanya menjadi konsumen terbesar produk halal negara lain. Thailand penduduk muslimnya sedikit, tapi aktif menggarap produk berstandar halal untuk ekspor. Australia, Selandia Baru, Brazil dan Amerika Serikat adalah negara  pengekspor daging halal dalam jumlah besar,”ujarnya.

Untuk itu, peluang tersebut harus digarap pasar domestik dengan membuat produk yang memenuhi standar halal.

"Maka, kami melalui melalui berbagai kesempatan baik itu diskusi, seminar maupun wawancara dengan media, terus berupaya menumbuhkan kesadaran pelaku usaha dan masyarakat tentang pentingnya memproduksi dan mengkonsumsi produk halal. Selain hal tersebut adalah perintah Allah SWT, juga ada potensi ekonomi yang besar bagi kepentingan bangsa," pungkas Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya ini.(*)

Sumber : kemenag


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved