Peternak Dukung Kemendag Evaluasi Harga Acuan Ayam

Peternak Dukung Kemendag Evaluasi Harga Acuan Ayam

Diposkan: 29 Nov 2019 Dibaca: 245 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, KEMENTRIAN Perdagangan (Kemendag) akan mengevaluasi harga acuan ayam di tingkat peternah yang diatur dalam (Permendag) nomor 96 tahun 2018. Petenak menyatakan mendukung langkah pemerintah ini.

Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia Singgih Januratmoko mengatakan, Kemendag sudah menyebutkan rencananya yang ingin mengubah harga acuan ayam ras di tingkat peternak menjadi Rp 19.000 - Rp 21.000 per kg dari sebelumnya Rp 18.000- Rp 20.000 per kg.

 
Selain mengatur harga acuan ayam di tingkat peternak. Pemerintah juga harus menetapkan aturan terkait harga acuan untuk input produksi seperti bibit ayam umur sehari (DOC), pakan dan lainnya.

"DOC dan harga pakan itu belum ada di Permendag, kan untuk membentuk harga [ayam] itu ada inputnya. Jadi harus benar-benar dibuat aturannya," tutur Singgih kepada Kontan.co.id, Kamis (28/11/2019).

Tak hanya menaikkan harga acuan, Singgih juga meminta agar pemerintah mencari solusi bila harga di tingkat peternak berada di bawah referensi, seperti yang terjadi saat ini.  Dia berpendapat, supaya harga di tingkat peternak tak anjlok, harus dilakukan koordinasi yang baik antara Kemendag dan Kementerian Pertanian.

"Solusinya memang [Produksi] harus dipotong karena berlebihan. Kecuali pemerintah ada badan penyangga seperti Bulog yang bisa menyerap ketika harga di tingkat peternak sedang rendah," jelas Singgih.  (*/kontan)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved