Perum Bulog Sub Divre Medan MoU dengan Pemuda Tani Sumut

Perum Bulog Sub Divre Medan MoU dengan Pemuda Tani Sumut

Diposkan: 02 May 2019 Dibaca: 111 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara menandatangi kerjasama nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) tentang on Farm Mandiri Petani dengan Perum Bulog Sub Divrei Medan,  Selasa (30/4/20019).

Nota kesepahaman ini ditandatangani Kepala Perum Bulog Sub Divrei Medan, Mara Kamin Sir dengan Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara, M Fadly Abdina.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Kepala Perum Bulog Sub Divrei Medan, Monang Simbolon serta pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara masing-masing Sekretaris, M Syah, Bendahara, M Syafii Siregar, Wakil Ketua, Samsul Bahri Pane serta pengurus lainnya, M Rajab Ritonga, M Rifai'i, M Jenni dan Fauzan.

Dituturkan Fadly, MoU on Farm Mandiri Petani ini dilatarbelakangi kegelisahan melihat persoalan klasik dalam hal pembiayaan yang dialami petani. Karena petani sebenarnya terikat dengan tengkulak bukan disebabkan uang besar tapi persoalan uang kecil, kebutuhan mendadak baik di internal keluarga maupun dilingkungan sekitar masyarakat.

On Farm Mandiri Petani ini merupakan bantuan permodalan dari Bulog melalui perbankan BUMN. Sehingga melalui On Farm Mandiri Petani ini, petani tidak lagi terikat dengan tengkulak, dan dapat dengan leluasa menentukan harga jual. Sehingga keberlangsungan dan kesejahteraan petani dapat terjaga dengan baik.

"Bagaimana kita sambil meningkatkan kesejahteraan petani, membantu menghidupkan  perkembangan ekonomi yang ada di desa," ujarnya.

On Farm Mandiri Petani ini merupakan bantuan permodalan dari Bulog melalui perbankan BUMN. Disisi lain Bulog dalam hal ini tidak hanya melakukan penjualan produk pangan tapi  juga stabilisasi tata niaga pertanian dimulai dari pengolahan lahan produk ke konsumen.

Kepala Perum Bulog Sub Divrei Medan, Mara Kamin Sir mengatakan melalui MoU dengan Pemuda Tani Indonesia ini diharapkan kedepan Bulog bisa menyerap gabah dan beras petani  yang sesuai dengan wilayah Sumut.

"Dengan MoU ini, kami berharap nantinya daerah lain atau kabupaten lain, bisa kita tindaklanjuti kedepannya,"ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Mara Kamin Sir, mengapresiasi Pemuda Tani Indonesia yang peduli dengan pertanian. "Jarang juga kita melihat pemuda sekarang ini, anak millenial yang tertarik dengan pertanian," ujarnya.

Selain on Farm Mandiri Petani, peluag sinergi lainnya bisa dengan kerjasama BUMDes atau dibisnis komersialnya Bulog. "Saat ini kita mengarah ke komersial, banyak komoditi pangan di Bulog yang bisa disinergikan antara Bulog dengan Pemuda Tani Indonesia,"pungkasnya.(Rel)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved