Penang Pererat Kerjasama dengan Sumut

Penang Pererat Kerjasama dengan Sumut

Diposkan: 20 Mar 2018 Dibaca: 623 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Pulau Penang, Malaysia semakin memperet jalinan kerjasama bidang ekonomi dengan Sumatera Utara, Indonesia. Diharapkan langkah tersebut dapat menumbuhkan potensi-potensi pelaburan (investasi) baru yang bisa dicapai bersama.

Timbalan (Deputi) Ketua Menteri 1 Pulau Penang, YB Dato' Haji Mohd Roshid bin Hasnon, saat membuka acara Dialog pelaburan dan sesi pemadanan Perniagaan yang digelar Jumat (16/3/2018) di hotel Emerald Garden, menyebutkan kerjasama antara Sumatera Utara dengan Pulau Penang, sebenarnya sudah lama terjalin.

Bahkan selama ini, Medan khususnya juga sudah mendukung program pesta Pulau Penang yang rutin diadakan setiap tahunnya dipenghujung tahun. Tercatat sejak tahun 2008 hingga 2016 sebutnya, investasi Malaysia di Indonesia sudah mencapai US$15 miliar atau setara RM 63,9 miliar.

Sementara investasi Indonesia di Malaysia mencapai US $2,6 milliar atau serata RM 1,1 milliar. Sehingga kerjasama yang terjalin perlu untuk semakin diperkukuh. “Saya percaya, Indonesia-Malaysia mampu menumbuhkan potensi-potensi pelaburan baru yang meluas yang bisa dicapai bersama melalui promosi pelaburan dan pemadanan perniagaan hari ini,”ujarnya.

Dalam acara tersebut, YB Dato' Haji Mohd Roshid bin Hasnon menyebutkan Pulau Penang memiliki potensi perdagangan, terutama sektor pariwisata (pelancongan), kesehatan dan pendidikan.

Berdasarkan data tahun 2017 sebut YB Dato' Haji Mohd Roshid bin Hasnon, investasi yang masuk ke negeri ini mencapai RM 10,8 miliar. Pulau Penang berada pada urutan kedua investasi tertinggi di Malaysia dari 10 kepulauan lainnya. Dari total investasi tersebut, hanya RM 2,3 milliar investasi lokal."Pulau Penang dari segi pelaporan data tahun 2017, telah menerima pelaburan sebesar RM 10,8 miliar. Ini termasuk daripada luar dan dalam negeri. RM 2,3 miliar daripada dari dalam negeri di Malaysia, selebihnya dari luar negeri," ujarnya.

Pulau Penang, sambungnya menjadi negeri yang kedua tertinggi invetasi di negara tersebut. “Ini menunjukkan Pulau Penang, tempat destinasi pada pelaburan,”ujarnya seraya dengan mepromosikan peluang investasi yang bisa ditangkap sekaligus  mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk berpartisipasi dalam berinvestasi di Pulau Penang.Pulau Penang sambungnya, menjadi tempat termashur untuk sektor pariwisata, pengobatan. Saat ini, masyarakat Indonesia khususnya kota Medan berkunjung ke Malaysia dengan tujuan pengobatan.ukm01

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved