Pemerintah Dorong Usaha Kecil Kendari Melalui Pembiayaa UMi

Pemerintah Dorong Usaha Kecil Kendari Melalui Pembiayaa UMi

Diposkan: 05 Mar 2019 Dibaca: 20 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendorong pengusaha kecil di Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Hingga 23 Februari 2019, penyaluran Pembiayaan UMi di Provinsi Sulawesi Tenggara setidaknya telah dinikmati oleh 2.332 debitur dengan total penyaluran lebih dari Rp 8,37 miliar.

Penyaluran tertinggi untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara berada di Kabupaten Konawe, mencapai Rp 2,98 miliar yang disalurkan kepada 1.105 debitur. Kota Kendari menempati urutan kedua dengan total penyaluran Rp 1,97 miliar kepada 497 debitur.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pembiayaan UMi menekankan kewajiban penyalur untuk melakukan pendampingan kepada debitur. Pendampingan tersebut dapat berbentuk pemberian motivasi usaha, pelatihan pengembangan usaha dan sumber daya manusia (SDM) serta bentuk pendampingan lainnya.

Melalui pendampingan ini, Sri menjelaskan, debitur diharapkan dapat meningkatkan usahanya agar dapat naik kelas dan memperoleh akses Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Ataupun, pembiayaan lain untuk usaha yang lebih besar," ujarnya dikutip dari Republika.co.id, Senin (4/3/2019).

Dalam penyalurannya, pembiayaan UMi mengadopsi kearifan lokal. Misalnya, penyaluran melalui skema kelompok yang menggunakan tanggung renteng sebagai pengganti agunan. Selain itu, pembiayaan UMi disalurkan sesuai budaya masyarakat yaitu dengan skema syariah kepada masyarakat pesantren maupun skema konvensional kepada masyarakat lainnya.

Meskipun mengusung kearifan lokal, pembiayaan UMi tetap mengikuti perkembangan zaman melalui digitalisasi pembiayaan. Penyaluran pembiayaan UMi didukung dengan sistem informasi memadai, yaitu Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Sistem ini dapat mencegah terjadinya double pembiayaan pada saat bersamaan antara KUR dengan pembiayaan UMi.(*)

Sumber : Republika.co.id


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved