Peluang Bisnis Batik di Sumut Masih Terbuka Lebar

Peluang Bisnis Batik di Sumut Masih Terbuka Lebar

Diposkan: 25 Jan 2018 Dibaca: 576 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Usaha batik memiliki prospek bisnis menjanjikan untuk tetap terus bertumbuh di Sumatera Utara.  Dengan 33 kabupaten kota yang ada di daerah, akan menjadi peluang untuk memasarkan produk ini.

Hal ini terungkap dalam focus group discussion (FGD) bertema implementasi strategi pengembangan UKM Batik tenun & bordir di Kota Medan berbasis model penta helik, baru-baru ini, yang dihadiri pelaku UKM Batik Batak Melayu (BBM), Waritri dan Batik Medan, Edy, akademisi ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU), Syafrizal Helmi.

Inggrita Gusti Sari Nasution bersama Frida Ramadini Harahap dari Universitas Sumatera Utara (USU), menyebutkan diskusi yang digelar ini sebagai upaya untuk melihat peluang ataupun potensi untuk bertumbuh dan berkembang batik di daerah ini.“Batik ini, punya peluang besar untuk bisa tetap terus berkembang,”ujarnya. Oleh karenanya, melalui diskusi ini, pihaknya mencoba untuk menggali apa stategi konkrit yang bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan batik, dengan adanya sinergi lima elemen masing-masing pemerintah, pelaku UKM komunitas,  akademisi dan peran media.

Waritri mengakui jika Sumut memiliki pasar yang sangat menjanjikan. “Dengan 33 kabupaten/kota di Sumut. Ini sudah potensi yang luar biasa, dengan sumber daya budaya lokal. Jika dieksplore, itu sangat beragam, motifnya unik, tidak ada didaerah lain,”ujarnya.

Potensi tersebut sambungnya, diharapkan akan tumbuh lebih banyak lagi perajin batik di Sumut, khususnya di daerah. Dengan mengangkat karekater daerahnya masing-masing. Sementara Syafrizal Helmi, menyebutkan saat ini industri batik secara nasional sedang tertekan. Sebagai imbas dari banyaknya suplay bahan baku yang masuk dari Cina dengan harga murah. Sehingga membuat industri yang banyak tutup. Meski begitu, ada juga yang tetap bertahan. Karena di Jawa, batik ini dikemas dengan konsep wisata edukasi. Tidak hanya sekedar memproduksi batik saja. (ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved