Peduli Lingkungan, Kumari Siregar Inovasikan Produk Kecantikan Berbahan VCO

Peduli Lingkungan, Kumari Siregar Inovasikan Produk Kecantikan Berbahan VCO

Diposkan: 03 Feb 2019 Dibaca: 74 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Berawal dari rasa perduli dengan lingkungan hidup, seorang perempuan muda dari Medan terinspirasi membuat produk kecantikan dari Virgin Coconut Oil (VCO).

Dia adalah Kumari Dewi Puri Siregar (29) warga Jalan Medan Johor. Perempuan berparas cantik yang juga berprofesi sebagai jurnalis di salah satu stasiun televisi swasta ini mengaku pertama kali merintis usaha dari VCO sejak 1 tahun lalu.

Ia terinsipirasi dari pengalaman liputan tentang lingkungan dan ternyata mendapati sebagian besar produk personal care yang kita gunakan  sampai saat ini kebanyakan terbuat dari bahan baku dari minyak kelapa sawit. Dimana Kelapa sawit dihasilkan dari perkebunan sawit yang membutuhkan lahan dan sering sekali perkebunan sawit itu merusak kawasan hutan. Dari situlah ia berfikir untuk melakukan hal positif untuk mengurangi deformasi hutan.

"Pada akhirnya saya mulai berfikir apa ya yang mau saya buat untuk mengurangi laju defortasi hutan kalau hutannya habis satwa-satwanya akan habis, paling tidak saya mulai dari diri sendiri dulu baru ke orang," katanya kepada UKMKOTAMEDAN.COM baru-baru ini.

Kemudian ia mengatakan bahwa ia melihat perempuan sangat tergantung dengan produk  personal care jadi menurutnya perempuan merupakan konsumen atau pasar terbesar untuk produk personal care. Faktor lain membuat produk kecantikan  dari VCO karena melihat faktor lain yaitu kesehatan, dimana ia juga membutuhkan produk personal care yang aman. Yang kebetulan  ia juga mengalami masalah kulit wajah.

"Saya belum menemukan produk yang pas buat digunakan karena saya sering terpapar dengan situasi cuaca yang berubah-ubah. Pernah menggunakan obat-obat kecantikan dan bahkan sudah mencoba perawatan wajah di klinik kecantikan tetapi hasilnya belum memuaskan, bahkan saya tambah bingung karena kulit saya jadi sangat sensitive di situasi cuaca berubah-ubah," katanya di sela-sela kesibukannya saat ditemui di kantor tempat ia bekerja.

Produknya lahir juga terinspirasi saat ia bertemu dengan seorang pembuat VCO di Medan yang dikenal bernama Tikwan. Ia langsung mencoba VCO ke kulitnya ternyata cocok dan iapun belajar membuat VCO hingga muncul ide membuat produk kecantikan dari bahan tersebut.

Dan saat ini sudah ada beragam produk yang ia hasilkan berbahan VCO diantaranya, sabun, lotion, shampoo bar dan cream wajah.

"Untuk sabun sudah ada 7 varian yaitu susu kambing, kayu manis, sereh, vanilla, kelor, sabun batik (Gambir dan kayu manis),  serta lidah buaya, kesemuanya aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan dari alam dan juga rempah rempah tanah air," paparnya.

Untuk pemasaran, Kumari mengaku memasarkan lewat online, dan karena banyak yang sudah menggunakan, produknya juga terjual melalui mulut-ke mulut. Dan kini ia juga menitipkan di sejumlah gerai oleh-oleh khas Medan seperti di Sentra UMK, Jalan Sei Serayu Medan.


Sebelumnya ia mengaku dalam pembuatan bahan baku  VCO mengalami sejumlah kendala namun berkat keuletannya dan belajar dari pengalamannya akhirnya ia kini berhasil membuat vco yang diharapkan. Dan kini ia harus membuat VCO dalam seminggu 10 botol vco dari 30 buah kelapa untuk memenuhi permintaan.

Peminat produk kecantikannya kian hari semakin banyak. Dan muncul berbagai konsumen ingin menjadi resellernya. Dan iapun sudah memiliki sejumlah reseller yang membuatnya terbantu memasarkan produknya.

Mengubah bahan-bahan dari alam menjadi produk bermanfaat dan menyehatkan serta aman digunakan, Kumari mengaku sangat senang setidaknya ia telah peduli dengan lingkungan hidup disekitarnya.

Apalagi dijelaskannya VCO memiliki kaya manfaat bagi kulit diantaranya meregenerasi kulit, mencegah jerawat dan mencerahkan kulit.  

Untuk harga VCO dengan  125 ml, Kumari hanya membanderol harga Rp50 ribu, sabunnya Rp35 ribu. Dan semua produk bisa digunakan untuk semua umur. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved