Mowiee Masuk Startup Terbaik WSA 2019

Mowiee Masuk Startup Terbaik WSA 2019

Diposkan: 02 Feb 2019 Dibaca: 418 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN - Mobil Wisata Edukasi Enterpreneurship (Mowiee) terpilih menjadi salah satu finalis terbaik dalam program Wonderful Startup Academi (WSA) 2019.

Dalam kegiatan yang diikuti 309 peserta ini, Mowiee masuk 30 besar startup yang berhak mengikuti serangkaian program untuk membangkitkan pariwisata nasional.

Founder Mowiee, Alween Ong, Jumat (1/2/2019), menuturkan Mowiee merupakan program wisata edukasi enterpreneurship. Sebuah wujud penggabungan program pariwisata dan peningkatan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Konsepnya dikemas dalam bentuk city tour, visit heritage, education dan enterpreneurship. Jadi nggak cuman jalan-jalan, makan-makan. Namun dapat pengetahuan prihal sejarah, peluang usaha, tips berwirausaha dan langsung ke sentra-sentra usaha dari UMKM,”ujarnya.

Saat ini sambungnya, Mowiee baru memiliki satu unit armada yang siap mengantarkan pengguna jasa atau wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara untuk mengenal kota Medan sebagai city of trader dalam kurun waktu sekira 150 menit perjalanan.

Dengan terpilihanya sebagai salah satu finalis, Alween berharap kedepan akan ada lagi Mowie-mowie yang lain diberbagai daerah. Karena pendidikan kewirausahaan itu berhak untuk didapatkan semua kalangan dan wajib disampaikan dengan cara yang asik dan tidak monoton.  

Mowiee merupakan finalis asal Sumatera Utara. Selain Mowiee, masih ada 29 startup lainnya yang bergerak di sektor pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Halal Local, SocioTour, traveloby, Flytours Indonesia.

Nantinya, dari 30 finalis tersebut, akan dipilih 10 terbaik, hingga akhirnya 10 terbaik ini, dipilih tiga finalis untuk membangkitkan pariwisata nasional.

Untuk diketahui, Wonderful Startup Academy adalah program pengembangan startup business yang bergerak pada sektor pariwisata di Indonesia, hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan ICSB Indonesia.

Sebelumnya, Ketua WSA 2019 Hiramsyah S Thaib mengatakan, durasi WSA batch II lebih singkat, tetapi padat dan terarah. Selama tiga bulan ke depan, peserta mengikuti serangkaian pembekalan, Creative Camp (bulan pertama), pengerucutan 30 peserta menjadi 10 dan masa inkubasi (bulan kedua), serta seleksi tiga startup terbaik (bulan ketiga).

"Selain materi dari pembicara ternama, peserta WSA batch II berkesempatan mendapat pengalaman dan ilmu dalam sesi Mentoring, Networking, hingga akses pendanaan," ujar Hiramsyah.

Hiramsyah menambahkan, ajang ini mendukung program Pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. WSA 2019 yang bertema ‘The Future of Tourism in Indonesia' diharapkan memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat. (UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved