Malioboro, Oleh-oleh Medan Sudah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Malioboro, Oleh-oleh Medan Sudah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Diposkan: 25 Aug 2019 Dibaca: 307 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Malioboro bukan nama Jalan di Jogjakarta, namun brand usaha oleh-oleh Medan yang menawarkan penganan khas dengan kelezatan rasa, juga sehat karena dibuat dengan bahan-bahan berkualitas.

Pemilik usaha Malioboro, Tri Ratna Ningsih (50) warga Jalan Meteorologi Pancing, melanjutkan usaha yang dirintis orangtuanya, berupa bumbu pecal, sambal teri, sambel kentang dan keripik sambel tersebut tetap eksis, tidak hanya dipasarkan di domestik namun sudah merambah ke sejumlah negara.

"Usaha ini bapak saya yang mendirikan, kira-kita tahun 1999 silam. Dari dulu, produk yang bapak buat sudah banyak peminatnya. Bapak memasarkannnya sampai Pekanbaru, Aceh, Lhokseumawe," jelasnya kepada ukmkotamedan.com pada Minggu (25/8/2019)

Ratna mengaku melanjutkan usaha tersebut sejak 10 tahun lalu. Ia beralasan ingin mengelola dan meneruskan usaha tersebut, karena melihat potensi pasarnya yang sudah cukup luas. Karena tidak lagi harus susah-susah merintis dan mencari pasar atau pelanggan lagi.

"Produk Malioboro ini sudah sampai ke Jepang, Amerika dan Australia, banyak peminatnya, yang best seller itu, bumbu pecal dan sambal teri, kedua produk ini kerap menjadi oleh-oleh pengunjung saat menyambangi Kota Medan," katanya lagi.

Dalam memenuhi permintaan, dia menitipkan produk tersebut digerai-gerai dan restoran dan juga pesanan. Setiap bulannya, ia bisa memproduksi 500 kg untuk setiap variannya. Sedangkan pada proses produksi, Ratna memberdayakan 3 orang pekerja yang bertugas memasak, jasa antar dan juga paking.

Untuk terus mempertahan usaha ini ditengah ketatnya persaingan, ia mengaku terus menjaga kualitas dan mempertahankan resep turunan yang sudah dikenal oleh pelanggannya.

Ratna juga mengaku intens mengikuti bazar, agar produknya semakin dikenal masyarakat. "Saya juga sering mengikuti sejumlah bazar dan saat ini saya bazar disini diacara Apindo, saya berharap Apindo terus mendorong pelaku UKM menjadi lebih baik," kata Ratna dan berharap bisnisnya ini terus maju  dan berkembang. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved