Mahasiswa UMSU Ini Rintis Peluang Usaha Pembuatan Gerobak Kekinian

  Mahasiswa UMSU Ini Rintis Peluang Usaha Pembuatan Gerobak Kekinian

Diposkan: 03 Apr 2019 Dibaca: 2477 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Maulana masih berusia 22 tahun dan tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Meski begitu, warga Jalan Baru Kelurahan Indrakasi Kecamatan Medan Tembung ini sudah mampu menunjukkan kemandiriannya.

Sejak 3 bulan lalu dia menekuni usaha pembuatan gerobak jualan dengan tampilan  kekinian. Kini, dia bahkan telah memiliki 20 customer.

Maulana mengatakan motivasinya membangun usaha ini karena melihat geliat bisnis kreatif di Kota Medan, khususnya kuliner.

Tentu saja, untuk menjajakan produk baik makanan dan minuman butuh tempat jualan yang tampilannya menarik pula. Dan, Maulana mengusung brand usahanya Gerobak Container Medan.

"Sebelumnya saya juga sudah memiliki usaha, produknya berbagai jenis tas. Saya melihat peluang usaha pembuatan gerobak ini awalnya banyak pedagang pedagang di Medan hanya menggunakan steling biasa yang seperti kaca, dan menurut saya kurang menarik untuk menarik minat pelanggan atau pembeli. Sementara di luar negeri sudah menggunakan box kontainer yang praktis dalam penyusunan barang barang jualan," ungkapnya.

Praktis karean tidak perlu nyusun setiap harinya, hanya tinggal tutup bagian jendela saat kedai akan tutup. "Nah berdasarkan hal tersebut saya mikir, kenapa gak di terapin di Medan, pasti banyak pembeli yang tertarik dari konsep yang saya tawarkan ini. Dari segi warna lebih menarik dan lebih kekinian," jelasnya.

Maulana mengakui, menjalani usahanya ini bermitra dengan sahabatnya Arifin Ichsan Nasution sebagai desainernya.

Merintis usaha di tengah kesibukan jadwal kuliah bukan perkara mudah. Pun, semua bisa dijalani, karena Maulana menganggap semuanya tantangan.

"Saya belum bekerja di instansi mana pun, saya seorang mahasiswa di UMSU. Karena pemasaran Gerobak Container ini masih melalui sosial media jadi saya bisa handle kapanpun," ujarnya.

Diceritakannya  modal awal di bisnis ini ia hanya mengeluarkan sebesar Rp3 juta yang digunakannya  untuk membeli bahan baku gerobak dengan ukuran 2x1 meter. Selain sahabatnya, omnya juga cukup membantu usahanya yang kebetulan memiliki bengkel las sehingga ia belajar untuk merakit bahan baku menjadi gerobak kekinian.

Diceritakanya biasanya customernya memesan gerobak kontainer untuk  usaha minuman seperti thai tes dan jus buah.

Untuk harga ia  sesuaikan dengan desain permintaan konsumen.

Meskipun ia sangat sibuk dengan pendidikan namun menjalani usaha ini ia tidak menemui kendala. Namun hal-hal yang perlu diperhatikannya  yaitu konsep.

"Kita perlu memahami benar konsep keinginan customer, terkadang ada customer yang secara konsep di awal sudah fix tapi di tengah pengerjaan ada revisi karena kurang sesuai.


Belajar dari itu, ia mengaku selanjutnya lebih menguatkan konsep di awal dengan konsultasi dengan baik, agar ke depannya meminimalkan kesalahan pengerjaannya.

Keberhasilnya di usaha ini membuat sulung dari 5 bersaudara ini sudah membiayai dirinya sendiri mulai kebutuhan biaya pendidikan hingga kebutuhan sehari-hari.

"Harapan saya  ke depannya semakin banyak UMKM di Kota Medan yang lebih kreatif dan inovatif dan usaha ini dapat menularkan semangat berwirausaha kepada mahasiswa mahasiswa terutama yang ada di Medan," ungkapnya.

Sementara itu untuk harga gerobak kontainer nya dibandrol Rp3 juta ukuran 2x1 meter yang biasanya digunakan untuk usaha roti bakar atau martabak.(UKM06)


Tags

3 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved