LPPM USU Cetak Wirausaha Baru

LPPM USU Cetak Wirausaha Baru

Diposkan: 01 Dec 2019 Dibaca: 102 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN – Berbagai upaya dilakukan guna mendongkrak jumlah pengusaha di Indonesia agar tidak terus tertinggal dengan negara lain. Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai institusi pendidikan tinggi menyahutinya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK).

Program ini dilaksanakan dalam upaya memperoleh wirausaha baru melalui pembinaan terhadap mahasiswa  di USU. Dalam pelaksanaan Program Pengembangan Kewirausahaan ini Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU bekerjasama dengan Student Entrepreneurship Center (SEC) USU yang telah dibentuk di USU sejak tahun 2009.

Dr. Ir. E. Harso Kardhinata, M.Sc. dari Fakultas Pertanian USU dan Buchari, ST. M.Kes dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri telah ditunjuk untuk melaksanakan Program tersebut selama 3 tahun dengan target menghasilkan 15 pengusaha baru dari mahasiswa yang siap terjun di dunia usaha baik sebelum maupun setelah selesai menjalani pendidikan sarjana di USU.

“Di tahun pertama pelaksanaan program ini telah dilakukan seleksi proposal  dari sekitar 100 mahasiswa menjadi 40 mahasiswa. Keempat puluh mahasiswa ini diundang untuk memperoleh pembekalan berkaitan dengan bidang kewirausahaan termasuk menyusun proposal business plan,” ujar Dr. Ir. E. Harso Kardhinata, M.Sc didampingi Buchari, ST. M.Kes, Minggu  (1/12/2019).

Dr. Ir. E. Harso Kardhinata, M.Sc selaku Ketua Tim Pengabdian mengatakan 40 mahasiswa dengan 40 bidang usaha tersebut dilakukan seleksi dalam bentuk business competition oleh beberapa juri yang kompeten untuk menghasilkan 20 mahasiswa (tenant) yang layak mengikuti program pengmbangan melalui seminar, workshop dan business gathering.

Melalui seleksi dan wawancara yang ketat telah diperoleh 5 dari 20 tenant yang layak diorbitkan sebagai calon pengusaha baru dan akan memperoleh pendidikan lebih lanjut yaitu magang di perusahaan yang telah ditunjuk sebagai mitra dalam pelaksanaan program ini, sambungnya.

Kelimanya masing-masin; Rafli Junaldi dari Fakultas Teknik dengan produk bernama Pakasmor (Pengaman Kendaraan Sepeda Motor); Jansen  Sjaklif, dari Fakultas Teknik dengan produk bernama D’Mix (Minuman), Egy Andreansyah, dari Fakultas  Pertanian dengan produk bernama Ice Cream Comel (es krim dari buah nipah dengan Cone Melinjo), T. Hafiz Riansyah, dari Fakultas Teknik dengan produk bernama Royal Konveksi, Sofiah Nasa Putri, dari Fakultas  Ekonomi dan Bisnis dengan produk bernama  Chopped Chicken (ayam varian rasa).

Sedangkan 15 tenant lainnya jelas Dr. Ir. E.Harso Kardhinata, MSc,memiliki kesempatan pada tahun kedua pelaksanaan program ini. Sebab akan dilakukan seleksi kembali untuk memperoleh 5 tenant baru.

“Tenant yang baru ini akan digabung dengan 15 tenant sebelumnya sehingga tetap berjumlah 20 tenant dan akan memperoleh pembinaan lebih lanjut dan mengikuti seleksi kembali untuk memperoleh 5 tenant yang siap diluncurkan sebagai pengusaha baru seperti pada tahun pertama. Demikan halnya juga pada tahun ketiga pelaksanaan, sehingga pada akhir pelaksanaan Program Pengembangan Kewirausahaan selama 3 tahun akan diperoleh total 15 pengusaha baru dari mahasaiswa USU yang siap bergabung di dunia usaha dan menciptakan lapangan kerja baru,”urainya.

Diharapkan tambahnya, melalui program ini dapat menghasilkan produk-produk inovatif yang mampu meningkatkan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk-produk teknologi yang dihasilkan dari laboratorium-laboratorium kampus USU. (rel/UKM01)

 

 

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved