Lebaran Dongkrak Kinerja Industri Makanan dan Minuman

Lebaran Dongkrak Kinerja Industri Makanan dan Minuman

Diposkan: 06 Jun 2018 Dibaca: 761 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Tren permintaan kebutuhan pokok setiap menjelang lebaran meningkat tajam. Momentum ini diyakini mendongkrak kinerja industri makanan dan minuman.

 

“Pada triwulan I tahun 2018, pertumbuhan industri makanan dan minuman mencapai 12,7 persen dan berkontribusi terhadap industri pengolahan nonmigas sebesar 35,4 persen,” ujar Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto, pada pembukaan Bazar Lebaran Tahun 2018, dilansir dari laman resmi kemenperin.go.id, Rabu (6/6/2018).

Setiap tahun Kemenperin sebutnya, rutin menggelar Bazar Lebaran. Ini sebagai upaya untuk memfasilitasi penyediaan barang kebutuhan pokok masyarakat khususnya produk olahan industri seperti makanan, minuman, dan sandang dengan harga terjangkau.

“Untuk memenuhi kenaikan permintaan tersebut, tidak cukup hanya mengandalkan ketersediaan stok pasar, tetapi juga perlu didukung pendistribusian yang tepat sasaran,” tuturnya.

Penyelenggaraan Bazar Lebaran tambahnya, juga dapat mendorong para pelaku industri untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk mereka. “Upaya ini diharapkan agar produk dalam negeri dapat dikenal di negeri sendiri. Dengan mengenalkan produk kita sendiri, kami meyakini masyarakat akan tergerak untuk mengkonsumsi produk lokal sehingga industrinya semakin produktif dan berdaya saing,” ujarnya.

Panggah optimistis, industri makanan dan minuman nasional tetap tumbuh positif pada tahun 2018. Telebih lagi adanya momentum pemilihan kepala daerah yang berlangsung tahun ini di berbagai wilayah di Indonesia, yang berpotensi dapat meningkatkankonsumsi produk makanan dan minuman. (***/UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved