KUBE IPSM Medan Ubah Ban Bekas Jadi Barang Bernilai Ekonomis

KUBE IPSM Medan Ubah Ban Bekas Jadi Barang Bernilai Ekonomis

Diposkan: 31 Dec 2018 Dibaca: 139 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Jika menemukan Ban Bekas sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Sebab ban bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai barang yang bermanfaat bahkan bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan sekelompok anak muda yang tergabung dalam  Kelompok Usaha Bersama Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat ( KUBE IPSM) terletak di Jalan Sewindu No 9 Medan.

Sejak 1 tahun berdiri, organisasi ini memiliki program untuk memotivasi masyarakat  agar memiliki kemauan dan semangat untuk berkreasi .Salah satunya dengan mengubah limbah ban bekas menjadi berbagai furniture cantik dan unik.

"Ban mobil bekas kita ubah menjadi meja dan kursi unik, serta kita juga memanfaatkan ember bekas cat 25 kg menjadi bangku lucu dan menarik,"kata Ketua kelompok, Dedy Armaya kepada UKMKOTAMEDAN.COM, Minggu (30/12/2018).

Dedy menjelaskan mereka memperoleh ban dan ember cat bekas dari sumbangan masyarakat dan juga membelinya dari tempat penjual ban bekas seharga Rp 20 ribu.

Kemudian ban dan ember bekas di bersihkan lalu dikreasikan seunik mungkin sehingga menghasilkan karya yang cantik dan unik. Beragam karya tersebut seperti meja, kursi juga bangku.

"Membuat kreasi ini kita terinspirasi karena melihat banyaknya ban bekas tidak termanfaatkan, tidak punya nilai ekonomis. Kita pilih ban bekas dan ember bekas karena juga ingin membuktikan ke masyarakat tidak semua harus kita beli, kita juga bisa buat sesuatu dengan seni," paparnya.

Untuk pemasaran furniture dari barang bekas yang didaur ulang itu, masih melalui online. Dalam sebulan pesanan rata-rata mencapai 20 hingga  30 unit. Berupa membeli kursi atau meja untuk dipajang di rumah, ada juga untuk kebutuhan kafe, agar terlihat lebih menarik dan unik.

“Yang paling diminati itu, kursi dan meja karena harganya murah, antara Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu disesuaikan tingkat kesulitan dan penggunaan catnya,”ujarnya lagi.

Dari usaha ini, dia berharap bisnis memanfaatkan barang bekas ini dapat merangsang kreativitas masyarakat, agar memiliki nilai ekonomis. “Harapan yang paling mulia adalah keinginannya memperkecil limbah yang dapat mencemari lingkungan di Kota Medan khususnya,”imbuhnya.(UKM06)

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved