Kisah Siska Hasibuan Bangun Bisnis, Kini Usung Konsep Serba Kopi

Kisah Siska Hasibuan Bangun Bisnis, Kini Usung Konsep Serba Kopi

Diposkan: 20 Oct 2019 Dibaca: 874 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN – Terjun sebagai pelaku usaha bukan hal baru bagi Siska Hasibuan. Sebab sejak  kecil sudah terbiasa membuka beragam bisnis seperti jasa dan juga kuliner.  Bahkan kini bisnis yang dikelolanya semakin bertambah.

Tidak hanya bisnis dibidang jasa dan kuliner, namun ada juga fashion dan make up. Awalnya, kran-kran bisnis yang dibangunnya ini, bermua dari keinginannya untuk membantu menutupi biaya pengobatan orangtuanya menjalani perawatan dirumah sakit akibat penyakit kanker stadium lanjut. Sementara penghasilannya sebagai pegawai di salah satu bank, tidak mencukupi.

“Dulu, saat kuliah sibuk di dunia entertainment sampai selesai S2 dan bekerja di bank. Hingga akhirnya, tahun 2008  kembali jungkir balik. Karena harus membantu biaya operasional orang tua yang saat itu sakit kanker stadium lanjut 24 x kemoterapi dan berkali-kali masuk ICU di RS Dharmais Jakarta,”ujarnya, Minggu (27/10/2019).

Hingga tahun 2010, Siska mengaku masih bekerja di bank. Besarnya biaya yang dibutuhkan,  Siska kemudian memaksakan diri membuka kran-kran usaha agar bisa menutupi semua biaya.

“Untuk bisa menutupi semua biaya yang harus diselesaikan, kran usaha yang saya buka diantaranya usaha jilbab,  jual baju,  make up artis, bikin hijab class di perusahaan perusahaan dan umum. Niatnya cuma satu, jangan sampai saat butuh uang kekurangan biaya pengobatan pinjam dari orang lain.  Alhamdulillah dikabulkan Allah. Saat saat butuh Allah datangkan ribuan pesanan nasi kotak,  puluhan kue tampah,  dan lainnya,"ujarnya.

Pertama kali sambung Siska membranding usahanya dengan ‘House of  The Siska's. “Maksudnya menjual semua yang bisa jual.  Selain jual baju rancangan sendiri,  akhirnya juga buat bross handmade dan aksesoris lain,  tapak meja dan lainnya. Hingga kemarin sempat jualan ribuan bross perbulan dibantu reseller.  Saat lebaran,  menerima pesanan kue kering,"ujar pemilik akun @siskahasibuan07 itu.

Di tahun 2015, Siska mengaku juga pernah menerima orderan 1 ton kue kering. Untuk menyelesaikan orderan ini, Siska dibantu 15 orang pekerja lepas.  Dari sini juga, di akhir tahun 2015 dia mengganti brand usaha menjadi Mumubutikue.

Lewat brand baru ini, Siska menghadirkan inovasi dengan mengusung kearifan lokal berkonsep serba kopi. Aneka produknya seperti kopi roll cake,  nastar kopi,  stik kopi,  es kopi susu dan roti kopi,  breadcake kopi.

" Serba kopi merupakan signature taste ya mumubutikue. Selain itu juga ada menu lain seperti kie khas Melayu kue rasidah.  Kue rasidah mumubutikue sudah pernah menjadi kudapan yang dinikmati oleh presiden Jokowi Wibowo saat pembukaan MTQ nasional di medan baru-baru ini,"ujar pemilik akun @mumubutikue ini.

Mumubutikue juga sebutnya, pernah mendapat kesempatan dari salah sebuah perusahaan besar untuk menyajikan kue tampah sebanyak 75 tampah yang digelar Hotel JW Marriot Medan.

Dalam memasarkan aneka produknya, Siska memanfaatkan media sosial. " Saat ini kita hanya berjualan secara online dan layaknya hanya dirumah," ujar warga Jalan Jemadi ini.

Kedepan Siska memiliki impian Mumubutikue ini akan menjadi salah stu gerai oleh-oleh yang menjual aneka produk baik fashion  maupun kuliner khas Medan. (UKM01)

 


Tags

2 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved