Kisah Desmirat Nensy Bangun Bisnis dari Hobi

Kisah Desmirat Nensy Bangun Bisnis dari Hobi

Diposkan: 09 Sep 2019 Dibaca: 158 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Berawal Hobi memasak dan mencoba aneka masakan dari resep-resep masakan dari tabloid, Desmirat Nensy Lubis (49)  warga Jalan Kaktus Perumahan Griya Teratai Blok A Binjai sukses menjadikannya sebuah usaha Nensy Catering.Usaha yang berdiri sekira tahun 2012 lalu itu, mampu menjadi menopang kehidupannya bersama keluarga.

"Saya sebagai emak-emak yang  memang selalu di rumah, saya hobi masak, saya suka lihat-lihat di tabloid resep masakan dan saya praktekkan di dapur sendiri, alhamdulillah sekarang bisa jadi usaha," ujarnya, Minggu (8/9/2019).

Wanita ini mengaku berkat usaha katering tersebut dia mampu membiayai pendidikan anak-anaknya hingga kejenjang bangku perkuliahan.

Dituturkannya, pertama kali merintis usaha tersebut sama sekali belum memiliki perlengkapan memasak. Namun, berkat semangat, kegigihannya  dan tidak kenal kata tidak bisa. Mulanya, ia meminjam dan menyewa peralatan dari temannya. Namun kini wanita berkulit putih ini sudah memiliki perlengkapan memasak yang mendukung usahanya.

"Awal merintis, saya sebelum punya pelengkapan masak yang besar, katena perlengkapan masak saya masih yang  kecil seperti kuali dan dandang buat masak nasi, waktu itu saya masih pinjam sama tetangga dan teman, untuk piring dan peralatan makan lainnya saya  sewa dari teman yang punya usaha penyewaan alat-alat  masak buat pesta," paparnya kepada ukmkotamedan.

Usaha ini juga dirintisnya dari nol, mulai berbelanja sayuran dan lauknya dari teman yang berjualan bahan-bahan sembako dengan membayar setengah dari total belanjaan sedangkan sisanya akan dibayar setelah pesanan katering lunas.

"Sedikit-sedikit  saya beli peralatan dapur yang besar dan peralatan makan, dari tahun ke tahun peralatan saya makin bertambah, sekarang alhamdulillah, saya sudah punya panstock sendiri, piring dan peralatan makan lainnya," katanya dengan nada gembira.

Saat memulai usaha ini, yang pertama kali  menggunakan jasa cateringnya, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) untuk acara buka bersama di Binjai.

 "Alhamdulillah saya harus menyediakan 500 porsi, setelah pesanan pertama mulailah saya sering mendapat pesanan katering, untuk acara pesta dan acara kantor, maupun arisan," ujar ibu 4 anak ini.

Usaha kateringnya ini sebutnya, hanya berproduksi berdasarkan orderan saja."Saya tidak perhari, kadang bisa seminggu penuh ada yang  pesan, misalkan nasi kotak, nasi uduk, atau lontong sayur, karena katering ini untuk pesta, acara kantor, arisan dan ulang tahun" paparnya.

Usaha ini menyediakan menu prasmanan seperti, daging sambal gepuk, tahu goreng bumbu kecap, ikan filet asam manis Thailand, sop kimlo, sambal kentang kriuk, ayam tangkap, salad sayuran. Untuk harga ditawarkan bervariasi sesuai menu  mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu per porsinya.

"Saya merasa usaha catering ini menjanjikan, peluangnya bagus. Karena sekarang kalau mau pesta, orang tidak mau lagi repot masak," ucapnya.

Saat ini dia mengaku dibantu 5 orang karyawan yang masing-masingnya mengerjakan tugas yang sudah disiapkan.

"Untuk di dapur saya dibantu oleh 5 karyawan, sedangkan untuk di lapangan seperti di acara pesta pernikahan, saya selalu siapkan 10 orang pelayan, bisa ditambah sesuai  pesanan," paparnya.

Untuk tetap bertahan, wanita yang mengaku single parent ini terus melakukan promosi melalui sosial media."Impian saya pengen punya rumah makan dan usaha saya  bisa lebih maju," pungkas wanita yang kini bangga seorang anaknya sudah lulus dari universitas di Bandung dan mulai membangun usaha kuliner di Medan. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved