Kementan Lepas Ekspor 320.260 Ton Biji Pinang Asal Jambi

Kementan Lepas Ekspor 320.260 Ton Biji Pinang Asal Jambi

Diposkan: 13 May 2019 Dibaca: 21 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAMBI- Sebanyak 320.260 ton biji pinang asal Jambi dilepas Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan), di Pelabuhan Talang Duku, Jambi, Sabtu (11/5/2019) menuju Thailand dan India.

Komoditas senilai Rp 9,1 miliar sebelumnya melalui tahapan pemeriksaan berupa tindakan karantina yang dilakukan terhadap komoditas ini sehingga dapat memenuhi persyaratan sanitary dan phytosanitary (SPS) atau persyaratan kesehatan karantina dari negara mitra dagang, yaitu bebas hama dan penyakit target.

Kabarantan, Ali Jamil mengatakan, petugas karantina melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik, memastikan komoditas pertanian tersebut bebas hama dan penyakit. Jika ditemukan adanya investasi hama, maka dilakukan tindakan karantina seperti fumigatasi atau tindakan karantina lainnya guna mengeliminasi hama tersebut. Hal ini agar tidak terjadi penolakan saat tiba di negara tujuan.

Pelaksana Tugas Kepala Karantina Pertanian Jambi,  Bambang Hesti mengatakan berdasaskan catatan, biji pinang menyumbang 16.7% dari total ekspor komoditas pertanian asal Jambi di tahun 2018, berada di posisi kedua terbesar dibawah komoditas karet yang menyumbang 60%.

Selain biji pinang, pada acara tersebut juga diekspor cangkang sawit sebanyak  3.700 ton senilai Rp. 5,6 miliar dengan tujuan Thailand dan kelapa bulat sebanyak 27 ton senilai Rp. 378 juta dengan tujuan Pakistan.

Provinsi Jambi sendiri memiliki potensi yang besar dibidang pertanian. Dari sistim otomasi perkarantinaan, IQFAST  di Karantina Pertanian Jambi tercatat lalu lintas ekspor komoditas pertanian asal Jambi  di tahun 2018 mencapai total nilak Rp. 3,95 triliun. 

Dengan komoditas unggulan diantaranya cangkang sawit, biji pinang, karet lempengan, crude coconut oil (CCO) atau minyak kelapa dan kayu olahan. Dan 5 negara tujuan ekspor terbesar adalah Jepang, Thailand, Korea Selatan, India dan Malaysia tambah Bambang.

Gubernur Provinsi Jambi diwakili Asisten Dua Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Agus Sunarya menyampaikan potensi pertanian Jambi harus didukung dengan potensi sumberdaya manusia agar mampu bersaing dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk para petani dan pelaku usaha.

Dia juga mengapresiasi Kementerian Pertanian dan Karantina Pertanian, yang mendukung pemberdayaan sumberdaya pertanian lokal, agar mampu go internasional supaya manfaat buat semua.

Selain itu dia juga mengajak agar terus berinovasi agar produk pertanian yang diekspor merupakan produk hilir sehingga memberi nilai tambah, tutup Agus. (*/pertanian.go.id)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved