Keluar dari Percetakan, Suprapto Buka Usaha Aroma Terapi yang Menjanjikan

Keluar dari Percetakan, Suprapto Buka Usaha Aroma Terapi yang Menjanjikan

Diposkan: 14 May 2019 Dibaca: 47 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Suprapto Basuki (37) mengambil keputusan besar dalam karirnya. Zona nyaman sebagai karyawan di salah satu percetakan digebraknya dengan membuka usaha sendiri.

Ya, warga Jalan Meteorologi I Pancing ini banting stir dengan membuka CV Sumatera Aroma Lestari dengan brand Andalas Treasure yang merupakan usaha aroma terapi.

"Awal merintis usaha ini pada Desember 2018. Idenya dari kakak saya yang tinggal di Jerman karena ia melihat produk luar negeri  yang sangat menarik lalu ingin mengaplikasikan produk itu di dalam negeri. Jadi kakak saya memberikan idenya itu ke saya," ungkapnya di stand bazar Medan Night di Jalan Adam Malik Selasa (14/5/2019)

Tanpa pikir panjang, yang saat itu Suprapto juga sedang ditimpa masalah keluarga saat bekerja di percetakan akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

"Saya dulu bekerja di percetakan namun Karena ada masalah keluarga lalu saya pilih buka usaha," ucapnya.

Pria yang dibantu istrinya berbisnis aroma terapi ini mengaku merintis usaha ini ia pernah mengalami jatuh bangun. Tetapi meskipun begitu ia tetap percaya diri dan optimis usahanya maju dan bisa bangkit.

Dalam membangun usaha ini banyak juga kendalanya, salah satunya ia sering salah aroma. Kemudian karena produk dan bahan baku dari negara Cina ia terkadang menemui kesulitan untuk import apalagi saat ini peraturan sangat ketat.


"Untuk barang kita ini kita import dari Cina dan bahan baku juga dari Cina. Hanya Kita ubah ke brand kita. Kita racik sendiri yang juga dibantu oleh istri saya. Kendala salah aroma terkadang ada aroma yang tidak sesuai. Bahan baku juga harus import dari Cina. Agak ketat pemesanan dari Cina saat ini," keluhnya.

Dijelaskannya bisnis aroma terapi ini bukan hanya sekadar menjual  produk melainkan ia ingin masyarakat  tahu apa itu aroma terapi. Mulai manfaatnya juga cara pemakaian. hal itu pulalah  yang sebelumya menjadikan usaha ini jatuh bangun karena banyak masyarakat tidak tau fungsi dan manfaat aroma terapi yang sesungguhnya.

"Jadi aroma terapi itu bermanfaat meredakan emosi, stress dan depresi dan bahkan dapat mengatasi Masalah penyakit ringan yaitu sakit kepala, migran," ungkapnya lagi.

Adapun jenis aroma terapi miliknya diantaranya lavender essentials oil manfaatnya pengatasi peradangan, rasa gatal, kulit terbakar, kejang otot, sakit kepala.

"Memilih bisnis ini juga dikarenakan melihat peulang pasar yang cukup besar. Kita juga ingin menyalurkan dan mengembangkan produk kita terutama membantu petani Nilam di Sidikalang karena kita juga menjual minyak Nilam  dari tanaman sendiri di Sidikalang," katanya.

Selain lavender essentials oil, ada juga sweet orange essentials oil, sweet Almond carier oil.  

Untuk pemasaran sendiri, ia menggunakan online shop dan Instagram juga ikut bazar-bazar. Harga mulai Rp20 ribu sampai Rp60 ribu. Yang membedakannya yakni
pregrance itu bibit parfum biasa. Esensial oil  Baru punya efek aroma terapi yang kaya manfaat.

Ia berharap usahanya ini banyak dikenal oleh masyarakat dan maju. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved