Jakarta Fair 2019 Digelar, UKM Diharapkan Semakin Berkembang

Jakarta Fair 2019 Digelar, UKM Diharapkan Semakin Berkembang
ekon.go.id

Diposkan: 31 May 2019 Dibaca: 67 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA-  Event Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta kembali digelar. Mengusung tema ‘Jakarta Fair Indonesia bersatu’ diharapkan dapat semakin mendorong usaha kecil menengah (UKM) semakin berkembang.

Even ini ditargetkan dapat mendatangkan 6,8 juta pengunjung. Atau meningkat dibandingkan tahun 2018 yang mampu menarik 6,7 juta pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp7,3 triliun. Ini karena penyelenggaraannya bersamaan dengan libur lebaran dan sekolah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution secara resmi membuka Pekan Raya Jakarta Kemayoran 2019, Rabu (29/5/2019) mengatakan kegiatan ini terselenggara sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi DKI Jakarta ke-492 dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74.

Darmin mengatakan Jakarta Fair menjadi salah satu contoh kerjasama dengan ketiga pihak yang menggerakkan kegiatan ekonomi Indonesia.

“Penyelenggaraannya dapat jadi momentum pertumbuhan dan pemerataan ekonomi dengan penciptaan masyarakat yang semakin mandiri. Kita juga perlu membangun mental dan pola pikir masyarakat agar lebih memiliki jiwa wirausaha dan mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” tuturnya.

Sebagaimana diketahui UKM menjadi tulang punggung perekonomian dan terbukti tahan banting pada saat terjadi krisis ekonomi. Sehingga, banyak juga negara berkembang yang mampu bertahan terhadap krisis ekonomi. Apalagi jika dilihat dari perkembangan ekonomi digital, khususnya industri e-commerce, yang mayoritas pelakunya berasal dari kalangan UKM.

Potensi industri e-commerce sangat besar dengan pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40%. Sehingga, target pemerintah untuk bisnis ekonomi digital Indonesia yakni mencapai angka US$130 miliar atau setara Rp1.730 triliun pada 2020 mendatang.

“Di sisi lain, Jakarta Fair sebagai pasar off line tidak kalah pentingnya. Event ini tetap dapat menjadi ajang yang sangat membantu promosi bisnis dan investasi yang mampu mendatangkan profit bagi vendor dalam negeri, industri kreatif, maupun UKM. Juga akan mampu menciptakan ribuan lapangan kerja baru selama ajang pameran ini digelar,” tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyuur Jakarta Fair tetap berjalan lancar.

“Jakarta Fair mengambil tema yang relevan dengan tema ultah Jakarta yang adalah ‘Wajah Baru Jakarta’. Kami ingin mengajak masyarakat Jabodetabek untuk memanfaatkan kegiatan perekonomian, kemudian mempromosikan dan saling belajar dari inovasi atau terobosan yang ada. Dan, kami berharap kegiatan ini semakin maju berkembang ke depannya,” ujar Anies. (*/ekon.go.id)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved