Inovasikan Biji Kopi Jadi Pengharum Mobil, Dudy Sukses Curi Hati Konsumen

 Inovasikan Biji Kopi Jadi Pengharum Mobil, Dudy Sukses Curi Hati Konsumen
Dudy Agung Tris

Diposkan: 07 Nov 2019 Dibaca: 168 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN-Membangun bisnis di tengah sengitnya persaingan saat ini, dibutuhkan inovasi dari para pelaku usaha untuk bisa bertahan.

Dudy Agung Tris, warga Jala  Garu 1 Perumahan Garu Residence Kecamatan  Medan Amplas, ini salah satunya yang  melakukan inovasi terhadap biji kopi menjadi pengharum mobil.


Melalui brand Kopi Wangi, pria berusia 3 tahun ini memulai usahanya sekitar bulan Oktober tahun 2018 lalu. Dikatakannya, ia terinspirasi melihat biji kopi digunakan sebagai penetral aroma

"Pada saat itu saya melihat khususnya di Kota Medan belum ada produk turunan yang terbuat dari biji Kopi untuk digunakan sebagai penetral aroma," ungkapnya.

Selain itu ia juga terinsprirasi melihat satu postingan di media sosial soal manfaat biji kopi hingga membuatnya tertarik membuka bisnis ini.

"Waktu itu saya melihat postingan di salah satu media sosial tentang manfaat biji kopi sebagai penetral aroma, kemudian dikemas dengan menggunakan kain goni. Dari itu saya memodifikasi kemasan biji kopi agar bisa digunakan untuk di mobil atau tempat lainnya sebagai penetral aroma tidak sedap," ucapnya

Untuk membuat kemasan pengharum mobil ini ia dibantu oleh adiknya. Dimana memiliki tugas masing-masing.

"Untuk kemasan kain goni saya bekerjasama dengan adik. Saya mendesain bentuk kain goni dan kemasannnya, kemudian adik saya yang membuat kemasan goni nya sesuai dengan pesanan saya. Semuanya masih dilakukan saya beserta istri dan keluarga untuk memasukkan biji kopi di dalam kemasan," katanya.

Untuk harganya, dibanderol bervariasi sesuai bentuk dan pesanan. Dari mulai harga Rp15.000 sampai dengan Rp30.000. Namun ada juga yang memesan untuk souvenir pernikahan, untuk jenis ini harganya Rp2.700,- sampai dengan Rp5.000,- perbuah sesuai permintaan.

"Untuk pemasaran kami mengandalkan media sosial dimana adanya permintaan beberapa teman-teman yang menjadi reseller yang ada di berbagai kota, mulai dari Kota Medan sendiri, Kota Padang, Sibuhan, Pekanbaru, Dumai, Bontang, Jakarta dan lain lain. Selain itu kami juga memanfaatkan Google My Business untuk pemasaran secara digital.
Saat ini kami juga melakukan penjualan offline dengan meletakkan display barang di beberapa toko, seperti 212 Mart Tebingtinggi dan Sentra UMK yang ada di Jalan Sei Serayu Medan," ucapnya.


Sejak usahanya ini berdiri, brand Kopi Wangi ini memiliki tanggapan positif dari masyarakat. "Beberapa tanggapan masyarakat menyukai tentang ide menggunakan biji kopi sebagai penetral aroma tidak sedap. Karena ini merupakan pilihan bagi mereka yang tidak menyukai atau merasa pusing apabila menggunakan pengharum yang terbuat dari essence kimia," jelasnya lagi.

Manfaat Biji kopi dipaparkannya akan mengeluarkan aroma asli biji kopinya untuk waktu kurang lebih 1 minggu. Namun selama minggu ke-2 dan ke-3 kopi akan berfungsi sebagai penetral aroma. Sehingga mobil tidak akan mengeluarkan bau.

Untuk pemasaran, saat ini ia  masih mengandalkan pemesanan melalui online media sosial dan website. "Selain pengharum kopi, kami juga mengeluarkan produk baru yaitu kopi filter. Kopi filter ini adalah biji kopi yang telah digiling kemudian di kemas di dalam filter (seperti teh celup), yang bisa langsung dinikmati dengan hanya menyeduhnya saja dengan air panas," katanya pria manis ini.

Nah, untuk produksi Kopi Wangi jika di rata-ratakan, akan menghabiskan kurang lebih 5 Kg biji kopi perhari.

Keistimewaan Kopi Wangi adalah sebagai pengharum dimana manfaat pengharum Kopi Wangi yang terdiri dari  biji kopi asli dari campuran robusta dan arabica dari Aceh Gayo ini  digunakan untuk penteral aroma dan bau tidak sedap. Kopi Wangi tidak menggunakan essence kimia dalam pengemasannya sehingga aroma tidak akan sekuat parfum yang terbuat dari essence.

"Sebagai usaha rintisan yang masih seumur jagung, harapan saya usaha ini dapat berkembang dan dapat memberikan manfaat untuk orang-orang sekitar kami," tandasnya. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved