Ini Tips untuk UKM Menghadapi Konsumen yang Rumit

Ini Tips untuk UKM Menghadapi Konsumen yang Rumit
Foto : thebalancesmb

Diposkan: 25 Nov 2019 Dibaca: 268 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Bagi Anda pelaku usaha kecil menengah (UKM), konsumen adalah faktor penting untuk jalannya suatu bisnis.

Pun, menghadapi konsumen dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda gampang-gampang susah.  Ini pasti merupakan tantangan bagi Anda. Berikut tips buat anda untuk menghadapi Clien yang rumit atau susah diajak kerjasama.

"Sebenarnya tergantung kerumitannya, kalau masih  bisa kita tolerir dalam artian masih bisa kita hadapi, ya hadapi," ungkap Owner Mpek-mpek Nabil, Widyawati.

Widi-sapaan akrabnya, mengatakan jika watak atau karakter customernya terlalu keras, dan meski sudah tidak bisa lagi ditangani maka ia tegaskan akan meninggalkannya.

"Tapi kalau kita pikir ini merupakan watak dari si  customers dan akan berulang kejadian di next ordernya, mending tinggalkan aja. Karena dapat menyusahkan kita nantinya," ungkapnya.
 
Namun, sebelumnya perlu juga mengenali beberapa hal, disebutkannya harus mengenali karakter customer, membuat rencana yang detail, jelas, dan singkat.

"Berikan alasan dan argumen yang logis kepada klien jika mereka meragukan produknya, yang pasti harus ekstra sabar," tandasnya.(UKM06)

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved