Ika-Ka Tawarkan Produk By Request

Ika-Ka Tawarkan Produk By Request

Diposkan: 13 May 2018 Dibaca: 629 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Bagi sebagian besar konsumen, menjadi kebanggaan memiliki sebuah produk yang desainnya unik dan tidak pasaran. Ini pula trik Afrisca Miranti, owner Ika-ka untuk menarik calon konsumennya.

"Keunggulan produk by request itu, pembeli bisa memilih warna sesuai yang mereka inginkan, selain itu produknya tidak pasaran dan beda dari yang lain," jelas Afrisca Miranti, yang akrab disapa Ika, Minggu (13/5/2018).

Ika mengaku punya pengalaman menarik ketika mendesain sendiri produk yang ingin ia pakai untuk acara pernikahannya. Sebab karyanya tersebut, dilirik calon pembeli. "Jadi kemarin saya buat sepatu dan tas dengan kain ulos, iseng setelah jadi saya post foto sandal dan tas itu ke sosial media, eh ada yang berniat membeli, dari situ saya pun tertarik untuk memasarkannya," tuturnya.

Hingga saat ini Ika menawarkan produknya lewat online dan offline. Jika pembeli ingin melihat beragam produknya ia membuka workshopnya di Jalan Rawa/Tuba III Gang Bersama No. 7, Medan Denai. Selain itu Ika juga menitipkan produknya di gerai milik temannya di kawasan Pasar Pringgan. Produknya ini juga sudah sampai ke Kalimantan, Batam dan Jakarta.

"Saat ini sih penjualan banyak dari online, untuk produk jadi dalam sebulan bisa menjual 1-2 lusin dompet atau pouch. Maka beberapa kali saya sempatkan ikut pameran untuk memasarkan produk ke instansi atau untuk event tertentu sebagai souvenir," jelas Ika yang sempat menerima pesanan souvenir dari Kantor Gubernur. Souvenir ini berupa dompet kecil yang tentu kegunaannya beragam. Ia mendesain sendiri, dan menggunakan ulos sebagai satu identitas yang melekat pada souvenir tersebut.

"Tidak terlalu sering juga ikut pameran, karena kita juga pikirkan biaya operasionalnya. Sebab kadang saya bisa menghasilkan satu sampai dua lusin dompet perhari, ketimbang ikut pameran. Jadi lihat-lihat pamerannya juga, terutama untuk kriteria produk yang kita tawarkan," tutupnya. (UKM03)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2021. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved