Identitas Merk Penentu Kesuksesan Bisnis

Identitas Merk Penentu Kesuksesan Bisnis

Diposkan: 02 Jul 2018 Dibaca: 689 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Merk sebuah produk erat kaitannya dengan logo perusahaan. Ini karena ada ribuan, bahkan jutaan pebisnis yang menjual produk yang sejenis. Merk hadir sebagai identitas,  untuk membedakan produk. Dengan merk, konsumen akan dapat memilih produk mana yang dikonsumsi.

“Meskipun mayoritas pebisnis start-up atau UMKM memahami konsep ini, namun masih banyak yang belum memperlakukan identitas merk (brand identity) sebagai faktor yang krusial dalam memenangkan konsumen,” ujar Ryan Gondokusumo, CEO Sribu dalam siaran pers yang diterima UKMKOTAMEDAN, Senin (2/7/2018).

Sehingga sambungnya, seringkali visualisasi dari identitas merk tidak merepresentasikan keunikan dari bisnis atau produk yang dimiliki. Kurangnya pengetahuan akan hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika menciptakan identitas merk dan faktor biaya yang tinggi bila menggunakan jasa desainer profesional menjadi beberapa penyebab pebisnis tidak maksimal dalam membangun identitas merknya.

Identitas merk tambahnya, merupakan elemen kasat mata dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai-nilai produk sebuah perusahaan agar dipahami oleh konsumen melalui aspek warna, simbol atau tipologi.

Karena sebuah merk adalah identitas dan kegiatan branding akan menyangkut pada pengenalan identitas tersebut pada masyarakat, maka dalam proses branding, harus memahami unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita mudah diingat.

Ryan memberikan sejumlah tips mudah untuk lebih mengenal dan meninjau ulang efektivitas identitas merk. Dengan mengenali kembali bisnis dengan identitas merk. “Apakah visi, nilai-nilai dan keunikan bisnis kita? Apakah identitas merk Anda telah sesuai dan mencerminkan visi, nilai-nilai dan keunikan bisnis kita?,”ujarnya.

Kemudian, tampilan visual identitas merk.  Tampilan visual identitas merk harus unik, mudah diingat dan menciptakan emotional connection dengan konsumen. Identitas merk mencakup ketiga untuk mudah mendapatkan tempat di hati konsumen. Sehingga dengan mudah membedakan dengan produk pesaing.

Selanjutnya, konsistensi tampilan visual identitas merk. Disini urainya, penggunaan logo, warna, typografi pada desain website, kartu nama, kemasan produk, seragam, tampilan toko/usaha harus sesuai dengan identitas merk bisnis.  Konsistensi tampilan visual identitas merk sangat penting agar konsumen dapat dengan mudah mengingat dan mengenali merk.

Ketidakseragaman sebutnya pada tampilan visual akan membuat konsumen bingung dan Anda akan kehilangan peluang untuk membangun koneksi yang kuat antara merk Anda dengan konsumen.

Apabila belum memenuhi seluruh aspek di atas, ada baiknya mulai berpikir untuk membenahi identitas merk segera. Namun harus diakui bahwa mayoritas kendala yang sering dialami para pebisnis adalah bagaimana mencari mitra desainer yang tepat dan berpengalaman dengan biaya yang tidak terlalu tinggi seperti ketika harus menyewa perusahaan konsultan desain.

“Masih banyak pebisnis terutama start-up dan kalangan UMKM takut menggunakan jasa desain profesional karena persepsi mahal. Untuk itu Sribu, situs jasa desain online hadir untuk memberikan solusi yang menghubungan para pebisnis dengan komunitas desainer profesional dan berpengalaman dengan biaya yang ekonomis, aman, dan jaminan uang kembali.” ujar Ryan.

Sribu menggunakan sistem kontes dimana klien cukup menjelaskan kebutuhan desainnya melalui situs www.sribu.com, dan dapatkan lebih dari 100 pilihan desain berkualitas dari para desainer yang bergabung dalam situs Sribu dalam waktu kurang dari satu minggu. Klien hanya cukup membayar untuk desain yang dipilih dan garansi uang kembali bila klien tidak puas dengan hasilnya.

Saat ini, Sribu telah melayani 9,200 UKM dan perusahaan besar dari berbagai industri di Asia Tenggara antara lain Pertamina, DHL, Baidu, Trans TV, Jasa Marga, Mayora, PT Wika, Banana Chips, Coffindo, Rice Bowl, Mr Baso. Sribu memiliki anggota lebih dari 116,400  desainer profesional dan menawarkan 20 jasa kategori desain mulai dari desain logo, kartu nama, kop surat, kemasan, label, flyer, brosur, banner website, banner, company profile, baju, maskot, cover buku dan 12 kategori lainnya.

“Kehadiran Sribu diharapkan dapat membantu para start-up dan UMKM Indonesia dalam membangun strategi branding yang tepat melalui penguatan identitas merk untuk dapat bersaing di pasar lokal maupun global.” tutup Ryan. (UKM01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved