Hobi Memasak Menghantarkan Ani Yusni Jadi Pengusaha Kuliner

Hobi Memasak Menghantarkan Ani Yusni Jadi Pengusaha Kuliner

Diposkan: 07 Jul 2019 Dibaca: 12 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Tidak semua hobi hanya tinggal hobi, sejumlah orang bahkan sukses berawal dari hobi. Seperti wanita muda dan cantik ini, diusianya yang sangat muda ini ia sudah menjadi pengusaha kuliner. Ya, semua berawal dari hobi.

Ani Yusni warga Jalan Lizadri Putra Komplek Setia Budi Vista blok A 12 A, Medan ini memiliki hobi memasak dan kemudian merambah bisnis kuliner. Diakui Ani, sejak kecil ia sudah memiliki hobi memasak. Hobi memasak ini didukung penuh oleh sang orangtua. Begitu tamat SMP, Ani melanjutkan pendidikan SMK jurusan Tata Boga dan D3 Manajamen Tata Boga di Akademi Pariwisata Medan.

"Begitu tamat SMP, saya masuk SMK Tata Boga, Alhamdulillah orangtua dukung 100 persen dengan kegiatan saya yang hobi masak ini," jelas Ani.

Ani mengatakan bisnis kuliner ini sudah ia mulai sejak tamat dari SMK dengan modal usaha dari orangtuanya. Hobi memasak Ani ini pun ia tuangkan dalam kegiatan-kegiatan demo cooking bersama Bogasari.

"Kebetulan saya dari dulu ikut sama Bogasari dalam demo cooking ke berbagai tempat jadi saya sudah terbiasa untuk buat bakery, cookies, cake dan lain-lain," katanya.

Pilihan bisnis kuliner Ani pun kini beragam diantaranya pizza, spaghetti, donat, rendang, kue kering, nasi tumpeng dan sebagainya.

"Apapun yang diminta customer selagi kita masih bisa buat, kita buat. Bakery, pizza, rendang, nasi tumpeng, kue kering, kita juga bisa masak jadi kita terima. Permintaan kue kering lebaran juga tahun ini meningkat luar biasa peminatnya. Saya enggak menyangka ekpektasi peminatnya sebanyak ini karena meningkat hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu," ucap Perempuan kelahiran Banda Aceh ini.

Memasak menurutnya kegiatan yang tidak susah, hanya saja dibutuhkan keberanian dan feeling. "Tapi kalau bisnis kuliner itu susah-susah gampang karena bisnis kuliner harus kita bangun dengan sabar dan penuh inovasi," jelasnya lagi.

Untuk bahan baku kata Ani, pihaknya menggunakan bahan-bahan berkualitas. Ia juga tidak alergi dikritik para konsumennya. Sedangkan untuk mengembangkan  bisnisnya ia terus bergabung dengan komunitas maupun wadah yang dapat membantu bisnisnya. Ya, Ani saat ini tergabung dalam  anggota Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) Medan.

Ia bahkan pernah menjadi salah satu narasumber kuliner dalam kunjungan pengusaha Malaysia. Sehingga dalam kesempatan itu, Ani punya kesempatan sharing tentang bisnis kulinernya dengan pengusaha-pengusaha Malaysia.

"Saya kenalan dengan pengusaha Malaysia, jadi rendang kami juga dibawa ke Malaysia dan rencananya kita akan ada kerjasama. Asprindo Medan mendukung semua kegiatan anggotanya. Bergabung bersama Asprindo Medan ini saya bisa sharing bersama pengusaha-pengusaha. Saya belajar tentang usaha, usaha itu harus sabar, membuka usaha itu enggak mudah, tapi kita harus tetap bisa lebih besar dari harapan kita," katanya.

Ani mengaku dalam berbisnis, ia juga memiliki kendala dan tantangan tersendiri, satu diantaranya penjualan yang naik turun. Ia pun memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk-produk makanannya.

"Kita memanfaatkan instagram, whatsapp dan facebook dan yang paling banyak pengaruhnya itu dari instagram. Jualan dari sosial media  itu intinya kita harus rajin update, manfaatkan kekuatan gambar dan video yang bagus agar orang itu tertarik dan langsung order," kata Ani.

Kesuksesan merupakan hal terpenting baginya. ia mengatakan tidak pernah menyerah, selalu berusaha, bereksperimen dan tetap rendah hati menjadi kunci sukses baginya.

"Arti sukses itu bila kita tidak pernah menyerah, tetap semangat dan tetap menyenangkan hati orangtua, karena dengan doa orangtua maka akan mendukung kita biar sukses," ucapnya.

Dari bisnis ini Ani sudah mendapatkan financial, ia juga bisa membantu biaya pendidikan adik-adiknya, membantu kebutuhan keluarga dan bisa buka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Tak hanya bisnis kuliner, Ani juga kini sudah merambah bisnis parfum dan kedepannya ia juga berkeinginan untuk memiliki usaha laundry, dan bisnis kecantikan.(UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved