Henny Rintis Usaha Citronella Oil Sekaligus Bantu Sejahterakan Petani

Henny Rintis Usaha Citronella Oil  Sekaligus Bantu Sejahterakan Petani

Diposkan: 11 Oct 2019 Dibaca: 25 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Citronella Oil merupakan minyak sereh wangi yang diperoleh dari hasil  penyulingan daun tanaman sereh wangi .

Di Indonesia prospek minyak sereh  sangat bagus, peranan komoditas ini sangat  besar sebagai sumber devisa dan pendapatan serta penyerapan tenaga kerja. Dan apalagi minyak sereh ini dibuat dari hasil petani budidaya sereh lokal. Usaha ini selain kaya manfaat buat konsumen, juga dapat memajukan petani sereh di tanah air.

Melihat peluang ini, wanita asal Deliserdang merintis usaha minyak sereh wangi ini.

Henny (35) Founder Amega-Badufarmmdn mengatakan usaha sereh Wangi Citronella Oil ini berawal karena melihat harga tanaman sereh yang kurang bagus kemudian  bekerjasama dengan temannya terinspirasi mengolah  tanaman sereh dengan cara disuling menjadi minyak sereh wangi yang kaya manfaat.

"Usaha minyak serai ini  sebenarnya joinan dengan teman dan mereka  yang mengurus tentang penjualan untuk ekspor keluar negeri," jelasnya.


Sehingga dikatakanya karena sedang musim hujan ia mencoba memasarkan di lokal. Harga minyak sereh wangi dipasaran cukup mahal sehingga ia beserta temannya memanfaatkan produk sendiri dan menjual dipasaran dengan harga terjangkau.

"Biasanya kan masyarakat beli aromaterapi minyak serah botol kecil saja harganya ratusan ribu sehingga kita mau coba pasarkan produk kita," ungkapnya.

Sejauh ini memang ia produksi sesuai permintaan saja. Dalam seminggu ia produksi Kurang lebih  800 sampai 1000 kg.

Dikatakanya, di Medan masih belum banyak yang menjual minyak sereh ini, namun, ada beberapa temannya yang sudah menjadi pelanggan karena dikatakannya menggunakan minyak sereh ini banyak manfaatnya dan bagus.


"Di Medan sih belum banyak yang jual cuma ada teman  yang beli dari kita kasi testimoni Citronella Oil kami lebih wangi dan tahan lama wanginya," ungkapnya.

Minyak sereh yang diproduksinya ini dikatakannya dibuat dengan 100% dari tanaman sereh dan   kadar citronella diatas 35% sesuai kualitas ekspor.

"Kalau yang dipasaran apalagi di daerah Jawa biasanya kadar citronnya di bawah 20%, jadi manfaatnya kurang maksimal," ucapnya.

Saat ini ia hanya memasarkan minyak sereh ini Medan dan Deli Serdang, baik dengan cara offline maupun online. Jika dibandingkan dengan luar negeri, kebutuhan akan minyak serah ini di tanah air masih terbilang kecil meski peminatnya tetap selalu ada.

Henny menjelaskan adapun manfaat minyak sereh ini paling utama adalah sebagai  biopestisida sehingga aman untuk anak-anak. Selain itu bisa juga untuk mengobati rematik dan aromanya yang wangi dapat menghilangkan  stres karena dapat dijadikan sebagai  aroma terapi.

Ia berencana untuk mengembangkan usaha sereh ini ia dan temannya akan membuat sebuah agrowisata yang mengedukasi masyarakat tentang budidaya ikan lele dan beberapa tanaman buah lainnya termasuk penyulingan citronella oil.

"Jadi kalau Tuhan mengizinkan tahun 2021 mendatang kita sudah bisa untuk umum," ucapnya.

Adapun harga minyak sereh ini yakni 550 ml dijualnya Rp250 ribu-Rp300 ribu.


Impiannya terhadap usaha minyak sereh ini yang  utama adalah bagaikan  petani sereh bisa lebih sejahtera  dan bisa dipasarkan di lokal jadi masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya dan tidak  membeli produk negara lain karena sudah ada produk sendiri.(UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved