Gambir dan Produk Pertanian Pakpak Bharat Ada di PRSU

Gambir dan Produk Pertanian Pakpak Bharat Ada di PRSU

Diposkan: 31 Mar 2018 Dibaca: 543 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat diperkenalkan pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 47. Salah satunya, gambir dengan produk olahannya berupa teh celup dan tinta gambir.

“Ini yang ditampilkan disini, semua produk unggulan dari Pakpak Bharat. Ada teh celup gambir yang bahan bakunya gambir dan juga tinta gambir. Selain itu ada juga  kopi serta kerajinan tangan dan hasil pertanian,”ujar guide Paviliun Pakpak Bharat, Hezatulo Buulolo bersama Monika Lumban Tobing, Jumat (30/3/2018).

Gambir sebut Hezatulo, merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat. Saat ini daerah tersebut juga sudah melakukan verifikasi produk olahan gambir, berupa teh celup hingga tinta.

Teh celup gambir sendiri, merupakan minuman herbal yang dapat meningkatkan derajat kesehatan. Karena mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah resiko degeneratif seperti  kanker, jantung diabetes dan mencegah penuaan dini.

Produk turunan lainnya, adalah tinta gambir. Tinta ini merupakan salah satu alat yang memberikan tanda pemilih. Bahkan tinta gambir ini sudah dimanfaatkan pada beberapa pemilihan kepala desa seperti Pilkades Labuhan Batu Utara Sumut, Pilkades Karo dan Pilkades Dairi.

Selain  olahan gambir,  hasil pertanian lainnya yang ditampilkan di Paviliun Pakpak Bharat nenas, jeruk petai, jeruk lemon, padi, talas, kopi. Setidaknya, ada sekira 50 an produk UMKM yang tampilkan dan diperkenalkan bagi masyarakat Sumatera Utara pada acara PRSU ke 47 ini. UKM01


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved