Era Digital, Pelaku Usaha Harus Bersiap dengan Konsekwensi Perubahan

Era Digital, Pelaku Usaha Harus Bersiap dengan Konsekwensi Perubahan

Diposkan: 26 Nov 2019 Dibaca: 571 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN – Di era serba digital saat ini, para pelaku usaha harus siap dengan segala konsekuensi perubahan. Sementara untuk bisa bersaing, diperlukan inovasi dan kreativitas serta kejelian dalam melihat peluang.

Hal diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah pada acara Talkshow bertajuk ‘Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital’ yang selenggarakan Telkomsel Sumbagut, di Graha Telkomsel, Jalan Putri Hijau, Medan, Selasa (26/11/2019).

“Kami berterima kasih kepada Telkomsel untuk acara ini. Semoga berdampak pada perkembangan dunia usaha, UKM dan startup,” ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub Sumut.

Dalam era digital, lanjut Ijeck, persaingan dunia usaha semakin ketat. Sebab saat ini hingga masa mendatang, kecepatan melayani pelanggan menjadi satu dari sekian indikator dalam meningkatkan peluang usaha.

Dia mengaku pernah ditanya mahasiswa saat menghadiri acara di Kampus USU. Sebagai unsur pimpinan pemerintahan, Ijeck menceritakan singkat, bagaimana ia ditanya soal peran Pemprov Sumut mengatasi masalah peluang kerja yang semakin sulit.

“Saya sampaikan bahwa perlu ada inovasi. Karena bumi ini tidak bertambah besar, sedangkan jumlah manusia bertambah banyak. Waktu itu tak bisa mundur, jadi kita tak bisa berdiam. Jangan sampai mereka (pihak asing) masuk ke negara ini, kita jadi pembantu di rumah sendiri,” jelas Ijeck.

Karenanya, Ijeck berpesan, agar seluruh pelaku usaha, UKM dan startup khususnya kalangan muda bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), menghadapi era digital. Sebagai pendukungnya yakni komitmen dan kerja pemerintah membangun sarana seperti infrastruktur dan pelayanan berbasis daring.

“Untuk mendukung itu (era digital), kami menilai bahwa Telkomsel juga sudah memfasilitasinya. Karena itu juga kami berharap Telkomsel bisa membantu memajukan wisata Sumut, khususnya Danau Toba. Karena itu menjadi super prioritas oleh Bapak Presiden,” tegasnya, sembari berharap kepada pelaku usaha untuk memajukan kampung halaman.

Sementara Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani menyampaikan bahwa selain memberikan pelayanan telekomunikasi serta akses informasi digital, pihaknya juga merasa bertanggung jawab membantu meningkatkan kemampuan masyarakat khusunya pelaku usaha melalui pembinaan. Apalagi menurutnya, arah bisnis saat ini sudah lebih condong ke dunia digitalisasi.

“Termasuk juga kita akan dengungkan pitensi dan peluang di era digital. Jadi 100 juta dari 160 juta konsumen kita sudah pakai digital,” sebut Ririn. (*/humasprovsu)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved