Ciri-Ciri Fintech Ilegal, Kantor Tidak Jelas Hingga Syarat Mudah

Ciri-Ciri Fintech Ilegal, Kantor Tidak Jelas Hingga Syarat Mudah

Diposkan: 24 Jan 2019 Dibaca: 191 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan ciri-ciri financial teknologi (fintech) yang tidak resmi atau ilegal dan tidak tidak terdaftar. Saat ini baru 88 fintech resmi dan sudah terdaftar di OJK.

Staf Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Financial Technology Bintang Prabowo mengatakan, ciri-ciri fintech ilegal itu ada beberapa macam. Pertama, kantor dan pengelola tidak jelas dan sengaja disamarkan keberadaannya.

"Kedua, syarat dan proses pinjaman sangat mudah. Tiga, menyalin seluruh data nomor telepon dan foto-foto dari handphone calon peminjam," ujarnya di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Lalu, lanjut dia, keempat, tingkat bunga dan denda sangat tinggi dan diakumulasi setiap hari tanpa batas. Kelima melalukan penagihan online dengan cara intimidasi.

"Dan mempermalukan para peminjam melalui seluruh nomor handphone yang sudah disalin," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, apabila sudah terdaftar oleh OJK ada beberapa syarat yang tidak boleh dilanggar oleh perusahaan fintech tersebut, seperti, melakukan kegiatan usaha selain dari layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

"Lalu memfasilitasi kegiatan pinjam meminjam dalam mata uang asing, bertindak sebagai kreditur (lender) atau debitur, memberikan jaminan dalam bentuk apapun," ungkapnya.

Dia menambahkan, tidak boleh mengalihkan atau memperjualbelikan pinjaman, menerbitkan surat utang, mempublikasikan informasi fiktif dan menyesatkan.

"Terakhir tidak melakukan penawaran melalui sarana pribadi tanpa seizin pengguna dan mengenakan biaya pengaduan,"katanya. (*)

Sumber : Okezone


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved