CEO Giamomoe: Jangan Ambil Keputusan Berdasarkan Asumsi

CEO Giamomoe: Jangan Ambil Keputusan Berdasarkan Asumsi

Diposkan: 14 Apr 2019 Dibaca: 6 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, BATAM - Menjalani usaha kreatif harus terus menggali ide-ide baru yang dapat memperkuat strategi bisnis yang dirintis. Hal ini dimulai dengan melakukan observasi produk, jasa, layanan apa yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Agar dapat menjadi masukan atau saran dalam membangun usaha.

"Jangan ambil keputusan berdasarkan asumsi, harus ada data. Catat setiap transaksi supaya tahu apa yang dibutuhkan orang" ujar CEO Giamomoe, Firstman Marpaung saat berbagi pengalaman dengan para peserta pelatihan kewirausahaan 'Bekraf Young Technology Entrepreneurs' (BYTE) yang diselenggarakan pada 10-12 April di Batam.

Dia menganalogikan seorang yang sedang merintis usaha keripik yang melakukan survey kecil-kecilan kepada temannya. Apakah rasa keripiknya sudah cukup asih atau belum. Sebagian besar temannya mengatakan kurang asin. Apa yang harus dilakukan? Tentunya menambahkan garam. Meskipun diri kita sendiri bisa dijadikan sarana uji coba atas produk yang kita miliki, namun saran dan masukan dari luar harus dijadikan data pendukung yang baik, sehingga produknya dapat terus diterima konsumen.

Data juga bisa berasal dari catatan transaksi. Catat semua yang ditanyakan orang tentang produk kita. jika banyak orang menanyakan keripik rasa lainnya maka suatu hari nanti catatan ini dapat digunakan untuk menambah varian rasa, begitu seterusnya.

Kegiatan ini diikuti sekira 60 mahasiswa. Melalui acara ini peserta diajak berpikir kreatif dalam mendhadapi persaingan bisnis di era digital. (*)

Sumber : bekraft


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved