BPOM Dorong Pengembangan Kosmetik Nasional

BPOM Dorong Pengembangan Kosmetik Nasional

Diposkan: 29 Nov 2019 Dibaca: 750 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan mendorong pengembangan produk kosmetik. Sehingga potensi pasar dalam negeri bisa direbut. Terlebih Indonesia memiliki keanekaragaman hayati serta sejarah dalam meracik produk kosmetik tematik berbahan baku alami.

Hal tersebut yang menginisiasi Badan POM menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Pengembangan Produk Kosmetik Tematik Nasional dilansir dari laman resmi pom.go.id, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas problematika yang terjadi guna mendorong dan memfasilitasi pengembangan kosmetik tematik, mulai dari riset, registrasi, hingga pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kosmetik.

“Ini berkaitan dengan keanekaragaman hayati dan penggunaan bahan baku natural. Kosmetik tematik berbahan baku natural harus didukung,” ajak Kepala Badan POM Penny K. Lukito saat membuka acara.

Kosmetik tematik dipersepsikan sebagai kosmetik berbahan baku alami dan identik dengan suatu daerah. Kosmetik tematik telah dikenal pada beberapa daerah seperti kosmetik Bali (lulur dan spa), kosmetik Jawa (perawatan tradisional keraton), kosmetik Banjarmasin (bedak dingin), serta kosmetik berbahan alam lokal Indonesia.

Menurutnya peran pemerintah bersama lintas sektor terkait sangat penting untuk mengembangkan kosmetik tematik lebih maju. Badan POM pernah memulai dengan pendekatan kepada pemerintah untuk pengembangan kosmetik tematik di Bali.

“Kita dukung bersama, mungkin akan dibentuk satgas, peta jalan, dan pembelajaran dari kosmetik tematik yang sudah lebih maju. Saya yakin daerah lain juga mempunyai produk kosmetik tematik dengan kearifan lokalnya,” lanjutnya.

Sejak tahun 2018, telah dilaksanakan inisiasi percepatan pengembangan kosmetik di daerah, seperti di Bali, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa site visit ke industri UMKM kosmetik tematik untuk mengetahui kondisi dan permasalahan industri UMKM, serta FGD melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Selain itu, pengembangan kosmetik nasional juga dapat mengangkat perekonomian lokal bagi para pengusaha UMKM dan bisa mendatangkan daya tarik pariwisata di daerah.

“Kita cari target potensial untuk terus didorong dalam implementasinya sehingga mencapai hasil yang nyata. Kita akan menggalakkan terus semua produk untuk percepatan perizinan baik UMKM untuk ekonomi lokal, dan produk yang bisa mengisi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk mengedukasi masyarakat tentang kosmetik tematik nasional. Badan POM dengan dukungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan mengadakan seminar, rembuk nasional, dan pameran produk yang sudah berkembang dan dalam pendampingan Badan POM. (*)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved