Berawal dari Hobi, Jayanti Mandasari Geluti Jasa Lukis Hena

Berawal dari Hobi, Jayanti Mandasari Geluti Jasa Lukis Hena

Diposkan: 31 Aug 2019 Dibaca: 33 kali



 

UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Melukis dengan hena bukanlah hal mudah, perlu bakat, hobi  dan ketekunan dan juga kesabaran. Seperti yang dilakoni Jayanti Mandasari lewat bisnis bernama Henna Artist Jayanti Mahendi.

Dia berhasil membuktikan bahwa dengan melukis henna ia bisa tampil beda dari yang lain dan menjadikannya peluang pekerjaan sekaligus menyalurkan hobi.

Diakui Jayanti Mandasari, ia memulai melukis henna sejak tahun 2009 pada akhir masa kuliahnya. Berawal saat kakaknya  memintanya untuk membuatkan hena sebab kakaknya saat itu akan menikah.

"Di keluarga hanya saya yang menonjol bakat seni, saya hobi menggambar. Saya memulai melukis hena itu karena saat itu kakak saya akan menikah dan dia (kakak) punya satu conne henna, dia suruh saya ukirin inai di tangannya. Padahal saat itu saya tidak tahu sama sekali tentang henna, saya hanya menggambar secara otodidak," jelasnya.

Tanpa disangka, para kerabat terdekat yang akan menikah pun, teryata meminta Jayanti untuk melukis henna bagi mereka. Jayanti pun tak memasang tarif atas jasanya membuat henna tersebut.

Usai wisuda Tahun 2010,  Jayanti menjadi seorang guru honor, sembari tetap melukis henna. Namun, saat itu, ia sudah menjadikan henna sebagai bisnis sampingan.

Selanjutnya, Jayanti pun bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta sambil tetap punya usaha jasa henna.

Pada tahun 2013, ia memutuskan untuk resign dan fokus menjalankan bisnis hennanya, Jayanti Mahendi.

Dalam usahanya ini, Jayanti tetap memiliki tantangan tersendiri. Jayanti bahkan pernah disuruh pulang padahal ia sudah sampai di rumah sang pengantin karena ternyata orangtua sang pengantin melarang pengantin itu menggunakan henna.

"Saya pernah disuruh pulang, saya sudah sampai di rumah pengantin, ternyata bapaknya melarang. Saya juga pernah menunggu konsumen berjam-jam untuk dibuatkan henna," tambahnya.

Iapun terus mengembangkan sayap dengan membuka kursus bagi yang ingin belajar henna dengan sebutan Jayanti Mahendi Academy (JMA) tahun 2016.

"Antusias masyarakat mengunakan henna, sangat banyak apalagi dalam tiga tahun belakangan ini. Perkembangan henna pesat, dulu yang hanya sebatas suku saja, sekarang semua suku sudah pakai bahkan orang nasrani dan china juga sudah pakai henna. Semua kalangan, lintas suku, lintas agama sudah pakai henna," kata Perempuan kelahiran Medan, 18 Februari 1988 ini.

Diakui Ketua Komunitas Henna Artist Medan ini, henna sudah menjadi tren fashion jadi tidak terbatas hanya pada saat pernikahan saja.

Dalam waktu dekat, Jayanti akan menyelenggarakan workshop basic class di Hotel Grandhika Medan pada tanggal 1 September 2019. "Di tahun ke 10 ini saya berkarya, kita akan ada workshop basic class henna," ucapnya.

Dalam workshop ini diutamakan ilmu dasar basic hena dan cara pemasaran bisnis ala Jayanti. (UKM06)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved