Anak Muda Ini Ubah Goni Bekas Jadi Tas Cantik dan Aksesoris

Anak Muda Ini Ubah Goni Bekas Jadi Tas Cantik dan Aksesoris

Diposkan: 04 Aug 2019 Dibaca: 64 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Tidak ada yang tidak mungkin, dengan adanya kemauan apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Seperti yang dilakukan anak muda ini, Firza Fahdi (24) warga Jalan Sejahtera Helvetia Timur yang mengubah karung goni bekas menjadi produk cantik berupa tas dan beragam aksesoris.

Bahkan kini aneka kreasinya ini semakin diminati dan menjadi usaha menjanjikan. Firza mengaku baru melakoni usaha ini sejak 1,5 tahun terakhir.  Ini bermula dari temannya yang membuat dompet dari goni.

Kemudian ia pun tertarik dan mencoba membuat sendiri. Ia mencari goni bekas lalu membuat disain dan menjahitnya sendiri secara manual.

"Kebetulan orang tua saya tukang jahit, jadi saya minta tolong orang tua, lalu kerjasama membuat karya dari goni," katanya, Sabtu (3/8/2019).

Awalnya dia mengaku hanya coba-coba. Namun, setelah melihat hasil dari percobaan menjahit, ternyata beberapa produk dari goni tersebut baik dan sehingga ia pun melanjutkan membuat model baru dan disain baru.

Untuk pengerjaan produk produk dari goni ini diakuinya ia berbagi tugas dengan mamanya, ia bertugas mendisain dan finishing sedangkan mamanya bertugas menjahit.

"Sayakan kurang pintar jahit jadi tugas menjahit itu ada di mama, sedangkan aku desain, finishing memasang merek yang terbuat dari bambu," ungkapnya. 

Memilih produk berbahan goni karena ia menilai goni itu natural sehingga ketika diaplikasikan menjadi sebuah produk seninya cukup tinggi.

"Semuanya  goni bekas, saya peroleh dari pabrik tepung, di pabrik goni itu abis digunakan terkadang dibuang jadi saya ambil dari mereka," katanya.

Sebelumnya ia mengaku sedikit kesulitan memperoleh karung goni itu, tetapi kini terbantu karena ada pabrik yang bersedia karung goninya diambil. Untuk alternatif lain ia memperoleh dari pulau Jawa.

Saat ini produk dari karung goni sudah lebih 20 disain Seperi tas, dompet, aksesoris dan saat ini yang paling terbaru adalah tas wesbagg. Harganya mulai Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu.

Menariknya tas karung ini bisa di custom sesuai keinginan konsumen. Pemasaran selain mengikuti bazar, ia pasarkan juga melalui online di Instagram @goniku_nature. Sudah pernah Sumatera, Jawa, Sulawesi.

Pria yang merupakan mahasiswa Universitas Panca Budi ini mengaku belum memiliki galeri khusus, kendati ia tidak kehabisan akal, karena ia tetap memajang produknya di rumahnya dengan konsep workshop.

"Impian saya harus terjadi go internasional. Dan bisa ngajak teman saya membuat rumah kreatif. Orang orang yang kurang mampu tapi ada kemauan bisa kita ajarin," pungkasnya.
(UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved