Akibat Bangkai Babi, Penjualan Ikan di Medan Turun Drastis

Akibat Bangkai Babi, Penjualan Ikan di Medan Turun Drastis

Diposkan: 13 Nov 2019 Dibaca: 282 kali



UKMKOTAMEDAN.COM, MEDAN- Penjualan ikan di Medan menurun. Ini Akibat Bangkai Babi marak cemari sungai di Medan  sehingga pedagang ikan di sejumlah pasar tradisional di Medan menjadi resah.

Salah satu pasar yang pedagangnya resah yakni yang berjualan di  Pajak Pringgan Medan. Mereka mengeluhkan menurunnya penjualan ikan laut.

Seorang pedagang ikan, Marbun mengatakan warga enggan membeli ikan sejak banyaknya ditemukan bangkai babi di sungai.

"Penjualan ikan menurun lebih dari dua kali lipat. Takut orang mau beli ikan, ah enggak mau beli ikan lagi aku, udah dibuang bangkai babi di Percut sana," ujarnya pada Rabu (13/11/2019).

Selain mengeluhkan pembeli yang jarang datang, harga ikan pun kata Marbun jadi lebih murah. Ia mengatakan ikan tongkol yang biasanya dibanderol Rp25 ribu per kilogram, kini hanya dijual Rp18 ribu per kilogram.

Marbun mengaku, ikan yang banyak dicari adalah kakap dan bawal. Sebelum adanya pembuangan bangkai babi secara masif ini, ia mengaku bisa menjual hingga 150 kilogram ikan dalam sehari. Namun kini menurun drastis.

"Sekarang paling hanya 70 kilogram saja. Hari ini saya hanya bawa 50 kilogram saja sudah siang begini belum habis, sudah hancur kali pun kami, inilah buktinya," katanya

Sementara di Pasar Sambu kios penjual ikan tampak sepi. Nainggolan seorang pedagang ikan mengaku penjualan di kiosnya sudah sangat minim beberapa minggu belakangan.

"Sebelum adanya bangkai babi itu sudah mulai sepi pembeli ikan. Sepertinya semua usaha sedang sepi. Ini makin sepi lagi," kata Nainggolan sambil mengibas ikan dagangannya.

Ia mengaku sangat sulit menjual ikan. Menurutnya dalam sehari jika berhasil menjual 30 kilogram ikan saja sudah merupakan pencapaian yang hebat.

"Jual ikan 30 kilogram saja sehari sudah hebat itu. Misalnya dencis saya enggak jual karena mahal kali modalnya," tandasnya. (UKM06)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved