7 Tips Agar Bangkit dari Kegagalan Bisnis

7 Tips Agar Bangkit dari Kegagalan Bisnis
Foto : net

Diposkan: 01 Dec 2019 Dibaca: 251 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, MERAIH sukses pada setiap orang berbeda jalan dan usaha. Ada banyak orang yang gagal dalam bisnisnya.

Nah, cara orang menyikapinya juga berbeda. Ada yang akhirnya menyerah begitu saja, tapi ada juga yang mau mencoba lagi dan terus berusaha.

Pastinya, hanya orang yang dapat bangkit dari keterpurukan yang akan berkesempatan untuk meraih kesuksesan. Itulah pebisnis yang tangguh dan tidak mudah menyerah menghadapi rintangan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berada dalam masa keterpurukan, ingatlah bahwa kegagalan bukan akhir segalanya. Berikut tips jitu untuk memotivasi Anda kembali.
 
1. Boleh Meluapkan Kesedihan
 
Anda boleh menyesal, marah, dan kecewa. Luapkan kesedihan hati Anda. Hal yang wajar jika Anda menangis dan mengurung diri.

Namun, jangan terlalu lama larut dalam kepedihan. Setelah Anda merasa lebih tenang, mulailah berpikir dan bertindak untuk langkah selanjutnya.
 
2. Tabah Menerima Semuanya

Pada masa sulit, tidak mudah untuk bersyukur. Namun, tidak ada cara terbaik selain berlapang dada dan menerima kegagalan, daripada Anda hanya mengeluh sepanjang hari.

Belajarlah untuk bersikap tabah dan berhenti mengasihani diri. Sebab orang lain pun pernah atau sedang gagal, dan Anda bukan satu-satunya yang bernasib malang.

 
3.Cari Tahu Penyebab Kegagalan
 

Lakukan evaluasi bisnis Anda. Cari tahu apa saja sih kekurangan atau kesalahan yang membuat bisnis Anda gagal, sehingga Anda kemudian dapat memperbaikinya.

Mungkin masalahnya ada di strategi pemasaran yang tidak tepat, desain produk Anda kurang menarik, dan sebagainya.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa belajar dari pengalaman dan memperbaiki masalah. Anda pun bisa mempersiapkan sesuatu yang lebih baik untuk membangkitkan bisnis Anda.

 
4.Lakukan Refleksi Diri

Refleksi diri perlu dilakukan untuk jadi pebisnis yang lebih baik. Anda juga perlu melakukan refleksi diri atau introspeksi. Sadari kesalahan yang Anda perbuat dan kekurangan dalam diri Anda.

Dengan mengoreksi diri sendiri, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga Anda bisa mengubah pemikiran dan sikap diri Anda yang selama ini menjadi penghambat kesuksesan.

 
5. Minta Dukungan dari Orang Lain

Hati hati, ini risiko menjalankan usaha bersama teman. Mencari dukungan dari orang-orang terdekat disarankan untuk Anda yang baru mengalami kegagalan. Pilih orang-orang yang positif untuk diajak bertukar pikiran dan membagikan masalah.

Mungkin mereka kurang memahami dunia bisnis, tapi memiliki orang-orang yang menyemangati Anda itu akan membuat Anda merasa lebih baik. Mereka pasti akan mendukung Anda untuk bangkit dari kegagalan bisnis.

 
6. Belajar dari Kisah Pengusaha Sukses


Orang-orang yang sudah sukses pernah mengalami masa-masa yang tidak menyenangkan. Mereka pernah gagal dan rugi berkali-kali, hingga akhirnya bisa meraih keberhasilan.

Untuk memotivasi Anda, bacalah kisah inspiratif pengusaha sukses dari buku dan internet. Jika Anda punya kenalan pengusaha, cobalah menemuinya untuk belajar dari pengalaman hidupnya.

 
7. Bangun Semangat Baru
Saat Anda sudah merasa siap untuk kembali berbisnis, anggap saja Anda memulai dari awal lagi. Untuk itu, Anda perlu semangat yang baru supaya ada terobosan baru di bisnis Anda.

Bekerjalah lebih giat. Lakukan segala sesuatu dengan lebih hebat dari apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya, sehingga nantinya Anda bisa mencapai hasil yang berbeda dan lebih baik. (*/entrepreneurcamp)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2020. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved