2018, Serapan Belanja Modal Masih Minim

2018, Serapan Belanja Modal Masih Minim

Diposkan: 03 Jan 2019 Dibaca: 45 kali


UKMKOTAMEDAN.COM, JAKARTA - Realisasi belanja pemerintah pusat tahun 2018 mencatat kinerja positif, sebab realisasinya mencapai 99,3% dari anggaran. Meski begitu, serapan belanja modal belum maksimal, perlu menjadi catatan bagi Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kemenkeu mencatat, realisasi belanja modal baru mencapai 90,7% dari target, dimana realisasinya sebesar Rp 184,9 triliun dari anggaran Rp 203,9 triliun. Meskipun belum maksimal, namun realisasi belanja modal ini meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 92,9%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, belanja modal yang tak 100% dikarenakan masih ada proyek-proyek Kementerian/Lembaga (K/L) yang sifatnya bertahap. "Jadi ada beberapa Kementerian/Lembaga yang belanjanya multiyear, sehingga tidak harus dipush di Desember, sehingga mereka bisa bergeser tetapi dari sisi pekerjaannya tetap berjalan," ujar Sri Mulyani, Rabu (2/1/2019).

Direktur Jenderal Anggaran Askolani pun membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kegiatan K/L dengan pola multiyears contract (MYC) belum bisa direalisasikan sepenuhnya di lapangan karena berbagai alasan. Beberapa proyek ini seperti pembangunan irigasi, bendungan, jalan, hingga jalur kereta api.

Askolani pun menyebut, beberapa kondisi yang menghambat pembangunan tersebut seperti faktor pembebasan lahan, dari sisi alam seperti faktor cuaca, dan faktor-faktor teknis lain. "Semoga bisa diselesaikan sepenuhnya di 2019," jelas Askolai.(*)

Sumber : Kontan.co.id
 

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2019. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved